Khasanah, Fatonatul (2024) Analisis Tujuan Pendidikan Nasional Serta Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan dalam Alqur’an dan Hadits. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031003_JUDUL__241030015100.pdf Download (717kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031003_BAB_I__241030015100.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031003_BAB_II__241030015101.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031003_BAB_III__241030015101.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031003_BAB_IV__241030015101.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031003_BAB_V__241030015101.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031003_DAFTAR_PUSTAKA__241030015101.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031003_LAMPIRAN__241030015101.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah berawal dari adanya beberapa permasalah dalam ranah pendidikan, yang mana pendidikan saat ini peneliti rasa sangat mengkhawatirkan melihat minimnya nilai-nilai keagamaan di kalangan pelajar yang dengan itu menjadikan ia sesesok yang minim akan nilai akhlak yang tertanam di dalam dirinya, adapun tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakan relevasni dari tujuan pendidikan nasional di Indonesia terhadap nilai-nilai dalam pendidikan Al-Qur’an dan Hadits.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode pelenitian kepustakaan (library research) dengan katagori penelitian kualitatif, yang mengacu kepada sumber data primer yakni Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, No. 20, tahun 2003. Adapun untuk pengumpulan data dilakukan dengan menguunakan metode dokumentasi yakni melalui pengamatan terhadap sumber-sumber data baik itu pada primer ataupun pada sekunder. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif analisis dimana bahah-bahan penelitian yang sudah terkumpul kemudian di uraikan serta di analisis kembali yang dengan itu kemudian menghasilkan penelitain ini.
Dari hasil penelitian skripsi ini terkait pendidikan nasional di Indonesia serta relevansinya terhadap nilai-nilai pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadits, bahwasannya tujuan dari pendidikan nasional dalam undang-undang sisdiknas di dalamnya sudah terdapat korelasi dengan nilai-nilai dari tujuan pendidikan di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Adapun diantara nilai-nilai yang memiliki keterikatan dengan tujuan dalam pendidikan Al-Qur’an dan Hadits adalah; pertama pada nilai dalam menjadikan manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua pada nilai dalam menjadikan manusia yang berakhlak, dan yang ketiga pada nilai dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Relevansi, Tujuan Pendidikan Nasional, Tujuan Pendidikan AlQur’an dan Hadits. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78248 |
Actions (login required)
View Item |