Pengembangan E-LKPD matematika berbasis pembelajaran problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP

Therawati Azzahrah, Karina (2023) Pengembangan E-LKPD matematika berbasis pembelajaran problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006016_JUDUL__230626065517.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006016_BAB_I__230626065517.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006016_BAB_II__230626065517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006016_BAB_III__230626065517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006016_BAB_IV__230626065517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006016_BAB_V__230626065517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006016_DAFTAR_PUSTAKA__230626065517.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006016_LAMPIRAN__230626065517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi menuntut para pendidik untuk
mengikuti perkembangannya dalam proses pembelajaran. Selama ini para
pendidik cenderung menggunakan buku sebagai patokan utama dalam
pembelajaran, namun seiiring dengan kemajuan teknologi banyak sekali
media pembelajaran elektronik yang dapat dijadikan referensi pembelajaran
selain buku cetak, salah satunya adalah E-LKPD, tentunya penggunaan ELKPD ini pula harus disertai dengan model pembelajaran yang disesuaikan
dengan kebutuhan peserta didik. Penggunaan E-LKPD dapat membantu
pendidik untuk mempermudah pemahaman peserta didik serta mampu
menarik minat peserta didik dalam belajar terutama dalam memahami materi
matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kevalidan
dan kepraktisan dari media pembelajaran yang akan dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development,
implementation,evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah ahli media,
ahli materi, dan peserta didik kelas VIII C SMP Muhammadiyah Imogiri yang
terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas besar dan kelas kecil. Lembar
penilaian penelitian ini berupa angket ahli media, ahli materi dan respon
peserta didik. Teknik analisis penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis
penilaian dari para validator dan analisis angket respon peserta didik.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penilaian
kevalidan E-LKPD menurut ahli media didapatkan persentase rata-rata
sebesar 76 % yang termasuk dalam kriteria valid, penilaian dari ahli materi
diperoleh persentase rata-rata sebesar 82 % yang termasuk dalam kriteria
sangat valid. Penilaian kepraktisan E-LKPD dari kelas kecil mendapatkan
persentase sebesar 85 % yang termasuk dalam kriteria sangat praktis, dan dari
kelas besar mendapatkan persentase sebesar 90 % yang temasuk dalam
kriteria sangat praktis. Berdasarkan perolehan persentase tersebut, media
pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pembelajaran Problem Based
Learning pada materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII
dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-LKPD, PBL, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:16
Last Modified: 14 Jan 2025 07:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78381

Actions (login required)

View Item View Item