Lundeto, Amalia Muthmainnah (2024) Peran regulasi emosi dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan sekolah siswa-siswi kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bintauna. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T2_2208044048_JUDUL__240829034125.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T2_2208044048_BAB_I__240829034125.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T2_2208044048_BAB_II__240829034125.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T2_2208044048_BAB_III__240829034125.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T2_2208044048_BAB_IV__240829034125.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T2_2208044048_BAB_V__240829034125.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T2_2208044048_DAFTAR_PUSTAKA__240829034126.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
T2_2208044048_LAMPIRAN__240829015433.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kesejahteraan sekolah merupakan topik yang penting untuk dibahas dalam dunia pendidikan. Permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa khususnya di lingkungan sekolah tentu akan mempengaruhi kesejahteraan sekolahnya. Regulasi emosi dan dukungan sosial teman sebaya merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi kesejahteraan siswa di sekolah. Maka dari itu penelitian kali ini bertujuan untuk menganalisis peran regulasi emosi dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan sekolah siswa-siswi kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Bintauna. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bintauna. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya, skala kesejahteraan sekolah dan skala regulasi emosi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda dalam penelitian kali ini menunjukkan F reg = 16,627 dengan nilai p = 0,000 (p<0,01). Regulasi emosi dapat berperan secara sangat signifikan, dimana nilai t = 5,265 dengan p = 0,000 (p<0,01) dan dukungan sosial teman sebaya yang juga dapat berperan secara sangat signifikan dimana nilai t = 2,523 dengan p = 0,012 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukkan regulasi emosi dan dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 15,2% terhadap kesejahteraan sekolah siswa. Regulasi emosi mampu berperan terhadap kesejahteraan sekolah dengan sumbangan efektif sebesar 12,46�n dukungan sosial teman sebaya mampu berperan terhadap kesejahteraan sekolah dengan sumbangan efektif sebesar 2,70%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa adanya peran yang sangat signifikan antara regulasi emosi dan dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan sekolah siswa-siswi kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bintauna.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Dukungan sosial teman sebaya, Kesejahteraan sekolah, Regulasi emosi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 02:33 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 02:33 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/79164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |