Evaluasi Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta

Niken, Niken (2024) Evaluasi Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005210_JUDUL__240916111424.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005210_BAB_I__240916111425.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005210_BAB_II__240916111425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005210_BAB_III__240916111425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005210_BAB_IV__240916111425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005210_BAB_V__240916111425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005210_DAFTAR_PUSTAKA__240916111425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005210_LAMPIRAN__240916111425.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah sebuah kebijakan pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dalam menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Evaluasi kebijakan kurikulum Merdeka sangat penting untuk mengevaluasi efektivitas, keberlanjutan, dan dampak dari implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan sekolah dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada konteks, input, proses, dan produk evaluasi, guna memberikan gambaran yang jelas tentang efektivitas implementasi kurikulum di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta dan mencari solusi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kurikulum tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Penelitian ini berfokus pada evaluasi sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka menggunakan model context, input, process, dan output di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta, fokus pada pelaksanaannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aspek context merdeka berupa kesesuaian visi, misi, dan tujuan sekolah sudah cukup mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka; (2) Aspek input berupa kesiapan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan sumber dana cukup siap meski ada komponen sarana dan prasarana perlu dioptimalkan lagi; (3) Aspek process pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta telah terlaksana dengan baik. Proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 telah menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa, seperti pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran kolaboratif. Namun, ada beberapa tantangan terkait dengan kecepatan penyampaian materi yang perlu disesuaikan agar tidak terlalu padat dan memungkinkan siswa untuk lebih mendalami topik secara menyeluruh; (4) Aspek product pelaksanaan kurikulum merdeka ditandai dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta menunjukkan hasil yang positif dalam hal keterlibatan siswa dan kepuasan terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan simpulan penelitian, maka penelitian ini memberikan rekomendasi kepada sekolah agar evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dilakukan secara berkala dan adanya penyesuaian strategi pelaksanaan berdasarkan temuan empiris di lapangan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif di masa mendatang.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:17
Last Modified: 03 Feb 2025 02:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/79234

Actions (login required)

View Item View Item