Putri, Diva Pradana (2023) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru di SD Muhammadiyah Pakem. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005051_JUDUL__230126111403.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005051_BAB_I__230126111403.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005051_BAB_II__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005051_BAB_III__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005051_BAB_IV__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005051_BAB_V__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005051_DAFTAR_PUSTAKA__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005051_LAMPIRAN__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005051_NASKAH_PUBLIKASI__230126111403.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
Abstract
Guru bertanggung jawab penuh membantu peserta didik untuk mencapai
tujuan pendidikan melalui pembelajaran yang baik dan optimal. Untuk itu penting
bagi guru memiliki kompetensi pedagogik. Namun nyatanya kompetensi pedagogik
masih rendah dibandingkan kompetensi profesional. Dimana rendahnya
kompetensi pedagogik guru mempengaruhi kemampuan guru mengelola
pembelajaran dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kompetensi pedagogik guru di SD Muhammadiyah Pakem.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas di SD
Muhammadiyah Pakem. Objek penelitian yakni terkait kompetensi pedagogik guru
di SD Muhammadiyah Pakem. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi
teknik dan sumber. Adapun teknis analisis data teridiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SD
Muhammadiyah Pakem dikuasai dengan baik. Guru telah menguasai dan
memanfaatkan informasi karakteritik peserta didik untuk menentukan media
pembelajaran dan untuk mencari solusi mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
Guru telah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik dalam pembelajaran secara
kreatif dan bervariatif. Guru telah mengembangkan kurikulum dengan menyusun
silabus dan RPP sesuai dengan pedoman penyusunan kurikulum yang digunakan.
Guru telah menyelenggarakan kegiatan belajar yang mendidik secara kreatif dengan
menyajikan media pembelajaran yang bervariasi, memafaatkan sarana prasarana
sekolah, dan mengelola kelas tanpa efek mendominasi. Guru telah memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik dengan mengarahan dan motivasi peserta didik
untuk menggali potensinya melalui kegiatan ekstrakurikuler, lomba, olimpiade.
Guru telah berkomunikasi dengan peserta didik melalui bahasa lisan dan tulis
dengan jelas, baik, dan benar. Dan guru telah menilai serta mengevaluasi peserta
didik melalui penilaian proses dan evaluasi hasil belajar serta mengembangkan
instrumen penilaian dan evaluasinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kompetensi Pedagogik, Guru, SD, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 02:50 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 02:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/79404 |
Actions (login required)
View Item |