Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Al Fikri, Abdul Muis (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031069_JUDUL__230228052750.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031069_BAB_I__230228052750.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031069_BAB_II__230228052750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031069_BAB_III__230228052750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031069_BAB_IV__230228052750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031069_BAB_V__230228052750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031069_DAFTAR_PUSTAKA__230228052750.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031069_LAMPIRAN__230228052751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini merupakan masalah kedisiplinan yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 yogyakarta, yaitu karena SMK ini menerapkan jam masuk yang lebih pagi dari sekolah SMK yang lainya maka dari itu senagian peserta didik terlambat masuk sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam penanaman karakter kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Mulai dari peran guru dalam penanaman kedisiplinan, kemudian sejauh mana penanaman karakter kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, serta faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh dalam penanaman karakter kedisiplinan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berasal dari guru PAI SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara serta observasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles & Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam penanaman karakter kedisiplinan sangat sentral dalam semua aspek kedisiplinan di sekolah. Kedisiplinan di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta sejauh ini sudah cukup baik, karena dalam penanaman kedisiplinan tersebut sudah terdapat peningkatan kedisiplinan dari peserta didik, dilihat dari taatnya siswa terhadap seluruh aturan yang ada, kemudian siswa tepat waktu ketika mengikuti kegiatan disekolah maupun ketika berangkat sekolah. Meskipun begitu masih perlu adanya peningkatan secara terus menerus. Faktor pendukung yang ada seluruh guru sudah bekerja sama dalam hal penanaman kedisiplinan, faktor penghambat yang ada lingkungan luar sekolah peserta didik sebagian kurang mendukung untuk penanaman kedisiplinan

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kedisiplinan, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Feb 2025 03:46
Last Modified: 08 Feb 2025 03:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/80052

Actions (login required)

View Item View Item