FEBRIYANTI, FITA WAHYU (2023) Pengembangan modul role playing dalam layanan bimbingan kelompok tentang kedisplinan siswa (uji coba produk pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600001282_JUDUL__230313111155.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600001282_BAB_I__230313111155.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600001282_BAB_II__230313111155.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600001282_BAB_III__230313111155.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600001282_BAB_IV__230313111155.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600001282_BAB_V__230313111155.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001282_DAFTAR_PUSTAKA__230313111155.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600001282_LAMPIRAN__230313111155.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya informasi terkait kedisiplinan yang membuat permasalahan siswa kurang disiplin. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul role playing tentang kedisiplinan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan yang dapat dilaksanakan oleh guru BK melalui layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil masih tergolong rendah (53,12%) sehingga perlu adanya bimbingan kelompok tentang kedisiplinan siswa.
Pengembangan ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Borg and Gall ada 10 tahap tetapi karena keterbatasan waktu hanya di laksanakan sampai tahap ke 5 yaitu revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta kemudian di pilih secara acak. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, angket, lembar penilaian. Modul ini menggunakan 3 uji kelayakan yaitu ahli media, ahli materi dan ahli layanan BK.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa media modul role playing tentang kedisiplinan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta sebagai berikut: (1) Hasil penelitian diukur menggunakan lembar hasil penilaian uji validasi ahli media memperoleh nilai 75 termasuk dalam kategori “Baik”. (2) Hasil penelitian diukur menggunakan lembar hasil penilaian uji validasi ahli materi memperoleh nilai 68,33 termasuk dalam kategori “Baik”. (3) Hasil penelitian diukur menggunakan lembar hasil penilaian uji validasi ahli layanan memperoleh nilai 96,87 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, sehingga memperoleh hasil skor secara keseluruhan 88,06 dan termasuk dalam kategori “Sangat Baik” sehingga modul role playing dalam layanan bimbingan kelompok tentang kedisiplinan siswa layak digunakan sebagai bahan media layanan bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Role Playing, Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan Siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 01:37 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/80356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |