Analisis Sentimen Pada Deskripsi Postingan Instagram untuk Menentukan Tingkat Popularitas Destinasi wisata Kota Yogyakarta

PATRIA, ISLAHUL MURSYID DWI (2023) Analisis Sentimen Pada Deskripsi Postingan Instagram untuk Menentukan Tingkat Popularitas Destinasi wisata Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700016042_JUDUL__230824013559.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700016042_BAB_I__230823060454.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700016042_BAB_II__230823060454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700016042_BAB_III__230823060454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700016042_BAB_IV__230823060454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700016042_BAB_V__230823060454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016042_DAFTAR_PUSTAKA__230823060454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700016042_LAMPIRAN__230823060454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Yogyakarta menjadi kota yang mampu melahirkan destinasi wisata yang sangat pesat. Bagi calon dan pengunjung menjadi bingung untuk menentukan destinasi wisata tren dan popular yang menjadi tujuan kunjungan, jika kemudian belum ada satu wadah informasi untuk rujukan tingkat popularitas wisata terkini.

Memanfaatkan postingan sosial media Instagram dari deskripsi atau caption dengan cara melakukan crawling data menggunakan platform phantom buster. Rekomendasi travel google untuk destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Kota Yogyakarta adalah Gembira Loka Zoo, Jalan Malioboro, Keraton Jogja, Tamansari, dan Benteng Vredeburg. Masing – masing kelima destinasi wisata diambil berdasarkan hashtag destinasi wisata. Menggunakan metode klasifikasi Naïve Bayes untuk mengukur akurasi sentiment data. Terakhir dilakukan perangkingan dari kelima destinasi wisata.

Dari hasil perangkingan didapatkan bahwa Gembira Loka Zoo mendapatkan
peringkat satu terpopuler dengan prosentase 96.65%, kedua Keraton Jogja 92.65%,
ketiga Jalan Malioboro 91.94%, keempat Tamansari 91.91%, dan kelima Benteng
Vredeburg 90.21%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Sentimen , Popularitas, Wisata, Yogyakarta, Naïve Bayes (NB)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Feb 2025 03:11
Last Modified: 22 Feb 2025 03:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/81844

Actions (login required)

View Item View Item