Kasto, Kasto (2025) Hubungan Kualitas Pembelajaran, Kesiapan Belajar Siswa dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Wonogiri. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text
T2_2307046032_BAB_I__250227025913.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
T2_2307046032_JUDUL__250228091209.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
T2_2307046032_BAB_II__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046032_BAB_III__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046032_BAB_IV__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046032_BAB_V__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046032_DAFTAR_PUSTAKA__250227025913.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
T2_2307046032_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046032_LAMPIRAN__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (4B) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046032_ABSTRAK__250227025913.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar siswa sebagai salah satu tujuan pembelajaran perlu ditingkatkan. Hasil belajar tersebut dapat berupa kemampuan dalam aspek afektif, kogntiif maupun psikomotorik. Satuan Pendidikan dengan seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki dimanfaatkan untuk mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut. Banyak faktor yang berhubungan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Diantara faktor tersebut adalah kualitas pembelajaran. Faktor berikutnya yang berhubungan dengan hasil belajar siswa adalah kesiapan belajar siswa. Selanjutnya faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa yakni kepemimpinan kepala madrasah. Faktor-faktor tersebut perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar hasil belajar siswa dapat tercapai dengan baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Distrik Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. dengan teknik pengambilan data melalui angket atau kuesioner.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Terdapat hubunga positif dan signifikan secara parsial antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap hasil belajar siswa. Kemudian dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pembelajaran, kesiapan belajar siswa dan kepemimpinan kepala madrasah terhadap hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah Kabupaten Wonogiri.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Kualitas Pembelajaran; Kesiapan Belajar Siswa; Kepemimpinan Kepala Madrasah; Hasil Belajar Siswa; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 01:52 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 01:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |