Jannah, Mailatul (2025) Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Student Well-Being di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text
T2_2307046019_BAB_I__250228103158.pdf Download (975kB) |
![]() |
Text
T2_2307046019_JUDUL__250228103158.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
T2_2307046019_BAB_II__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046019_BAB_III__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046019_BAB_IV__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046019_BAB_V__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046019_DAFTAR_PUSTAKA__250228103159.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
T2_2307046019_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046019_LAMPIRAN__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046019_ABSTRAK__250228103159.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul, sebagai salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Bantul, merupakan sekolah dasar swasta yang aktif mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Meskipun banyak guru menghadapi tantangan dalam mengelola pembelajaran berdiferensiasi, SD Unggulan Aisyiyah Bantul telah menerapkannya dengan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap serta memberikan informasi mengenai pengelolaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan student well-being di SD Unggulan Aisyiyah Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan satu kepala sekolah, satu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dua guru kelas IV, serta dua peserta didik kelas IV. Data juga dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi artefak pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis tematik yang meliputi lima tahapan, antara lain mengatur dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, mengkodekan data, membuat tema dan deskripsi, serta menafsirkan makna tema/deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya model pengelolaan pembelajaran berdiferensiasi yang mendukung tercapainya student well-being. Pengelolaan tersebut melibatkan empat komponen utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Optimalisasi keempat komponen ini terbukti memperkuat realisasi student well-being. Adapun poin kunci dalam pengelolaan pembelajaran berdiferensiasi meliputi: (1) identifikasi kebutuhan peserta didik dan pendekatan team teaching, (2) pengaturan peserta didik dan penciptaan lingkungan belajar yang positif, (3) penerapan multi-metode dan penggunaan multi-sumber pembelajaran, serta (4) supervisi berbasis coaching, konseling, dan mentoring. Model ini memberikan kontribusi penting dalam memaksimalkan student well-being melalui pembelajaran yang terstruktur dan terarah. Sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan penyusunan panduan praktis, pendampingan berkelanjutan, pelatihan dan seminar, pengelolaan waktu yang efisien, kolaborasi dengan psikolog, dan evaluasi berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | pengelolaan, pembelajaran berdiferensiasi, student well-being |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:03 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |