Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Student Well-Being di SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Jannah, Mailatul (2025) Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Student Well-Being di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T2_2307046019_BAB_I__250228103158.pdf] Text
T2_2307046019_BAB_I__250228103158.pdf

Download (975kB)
[thumbnail of T2_2307046019_JUDUL__250228103158.pdf] Text
T2_2307046019_JUDUL__250228103158.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of T2_2307046019_BAB_II__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_BAB_II__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2307046019_BAB_III__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_BAB_III__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2307046019_BAB_IV__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_BAB_IV__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2307046019_BAB_V__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_BAB_V__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2307046019_DAFTAR_PUSTAKA__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_DAFTAR_PUSTAKA__250228103159.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of T2_2307046019_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2307046019_LAMPIRAN__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_LAMPIRAN__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2307046019_ABSTRAK__250228103159.pdf] Text
T2_2307046019_ABSTRAK__250228103159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul, sebagai salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Bantul, merupakan sekolah dasar swasta yang aktif mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Meskipun banyak guru menghadapi tantangan dalam mengelola pembelajaran berdiferensiasi, SD Unggulan Aisyiyah Bantul telah menerapkannya dengan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap serta memberikan informasi mengenai pengelolaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan student well-being di SD Unggulan Aisyiyah Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan satu kepala sekolah, satu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dua guru kelas IV, serta dua peserta didik kelas IV. Data juga dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi artefak pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis tematik yang meliputi lima tahapan, antara lain mengatur dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, mengkodekan data, membuat tema dan deskripsi, serta menafsirkan makna tema/deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya model pengelolaan pembelajaran berdiferensiasi yang mendukung tercapainya student well-being. Pengelolaan tersebut melibatkan empat komponen utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Optimalisasi keempat komponen ini terbukti memperkuat realisasi student well-being. Adapun poin kunci dalam pengelolaan pembelajaran berdiferensiasi meliputi: (1) identifikasi kebutuhan peserta didik dan pendekatan team teaching, (2) pengaturan peserta didik dan penciptaan lingkungan belajar yang positif, (3) penerapan multi-metode dan penggunaan multi-sumber pembelajaran, serta (4) supervisi berbasis coaching, konseling, dan mentoring. Model ini memberikan kontribusi penting dalam memaksimalkan student well-being melalui pembelajaran yang terstruktur dan terarah. Sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan penyusunan panduan praktis, pendampingan berkelanjutan, pelatihan dan seminar, pengelolaan waktu yang efisien, kolaborasi dengan psikolog, dan evaluasi berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: pengelolaan, pembelajaran berdiferensiasi, student well-being
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:03
Last Modified: 17 Apr 2025 02:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82335

Actions (login required)

View Item View Item