Konsep dan Implementasi Kurikulum Mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Latif, Mu'aziz (2024) Konsep dan Implementasi Kurikulum Mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031250_JUDUL__241119021656.pdf

Download (944kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031250_BAB_I__241116050859.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031250_BAB_II__241116050859.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031250_BAB_III__241116050859.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031250_BAB_IV__241116050859.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031250_BAB_V__241116050859.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031250_DAFTAR_PUSTAKA__241116050859.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031250_LAMPIRAN__241116050859.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mu’aziz Latif (2000031250), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terkait tidak berlakunya kurikulum mu’adalah pada masa penjajajahan dan hingga pada akhirnya KH Ahmad Dahlan mengusungkan kurikulum mu’adalah dan para ulama Islam yang lain. Awal mula berlakunya kurikulum mu’adalah adalah usaha para ulama yang gigih dalam membangun pembelajaran di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui konsep kurikulum mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, (2) Mendeskripsikan implementasi kurikulum mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian yang telah di lakukan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yaitu: (1) Konsep Kurikulumnya yaitu memadukan suatu paket terpadu yang menyangkut materi bidang studi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan teknik kurikulum silang (crossing curriculum), yakni memadukan materi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Departemen Agama RI dengan materi Mu’allimin yang merujuk kepada referensi “kitab kuning. (2) Implementasi kurikulum mu’adalah adalah dengan menyetarakan SMA Al-Azhar dan SMA di Mu’allimin dan menerapkan mata pembelajaran yang perspektif Al-Azhar diantaranya Tsaqofah Islamiyah, Nantiq, Adab Wa An Nushus, Al Arud Wal Qafiyah yang menjadi standar di Al-Azhar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kurikulum, Kurikulum Mu’adalah, Implementasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:21
Last Modified: 17 Apr 2025 02:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82900

Actions (login required)

View Item View Item