Latif, Mu'aziz (2024) Konsep dan Implementasi Kurikulum Mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000031250_JUDUL__241119021656.pdf Download (944kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000031250_BAB_I__241116050859.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000031250_BAB_II__241116050859.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000031250_BAB_III__241116050859.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000031250_BAB_IV__241116050859.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000031250_BAB_V__241116050859.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031250_DAFTAR_PUSTAKA__241116050859.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000031250_LAMPIRAN__241116050859.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Mu’aziz Latif (2000031250), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terkait tidak berlakunya kurikulum mu’adalah pada masa penjajajahan dan hingga pada akhirnya KH Ahmad Dahlan mengusungkan kurikulum mu’adalah dan para ulama Islam yang lain. Awal mula berlakunya kurikulum mu’adalah adalah usaha para ulama yang gigih dalam membangun pembelajaran di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui konsep kurikulum mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, (2) Mendeskripsikan implementasi kurikulum mu’adalah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian yang telah di lakukan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yaitu: (1) Konsep Kurikulumnya yaitu memadukan suatu paket terpadu yang menyangkut materi bidang studi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan teknik kurikulum silang (crossing curriculum), yakni memadukan materi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Departemen Agama RI dengan materi Mu’allimin yang merujuk kepada referensi “kitab kuning. (2) Implementasi kurikulum mu’adalah adalah dengan menyetarakan SMA Al-Azhar dan SMA di Mu’allimin dan menerapkan mata pembelajaran yang perspektif Al-Azhar diantaranya Tsaqofah Islamiyah, Nantiq, Adab Wa An Nushus, Al Arud Wal Qafiyah yang menjadi standar di Al-Azhar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum, Kurikulum Mu’adalah, Implementasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |