Taufiq, Wildan (2025) Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dalam Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800031149_JUDUL__250326113259.pdf Download (837kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800031149_BAB_I__250326113259.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800031149_BAB_II__250326113259.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800031149_BAB_III__250326113259.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800031149_BAB_IV__250326113259.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800031149_BAB_V__250326113259.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031149_DAFTAR_PUSTAKA__250326113259.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800031149_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250326113259.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF
THOMAS LICKONA DALAM BUKU PAI DAN BUDI PEKERTI
KELAS V SD
Wildan Taufiq (1800031149) Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Menganalisis dan mendeskripsikan muatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas V SD dari perspektif Thomas Lickona, 2). Mengetahui urgensi nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD Tahun 2022 Kurikulum Merdeka.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif-analisis dengan pendekatan studi dokumen atau teks (document study) guna untuk menganalisis, mereduksi, dan menginterpretasikan lalu menentukan sejauh mana buku PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD Tahun 2022 Kurikulum Merdeka memuat nilai-nilai pendidikan karakter perspektif Tomas Lickona.
Hasil penelitian ini menujukkan; 1). Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD memuat nilai-nilai pendidikan karakter perspektif Tomas Lickona yang dideskripsikan dalam bentuk visual dan verbal. Penyajian dalam bentuk visual berupa gambar dan peta konsep yang ditampilkan pada satiap bab untuk diamati dan dipahami oleh peserta didik yang kemudian untuk dikomentari serta diberikan tanggapan sesuai materi pada masing-masing bab. Dengan menghadirkan gambar dalam teks deskriptif, pembaca diharapkan dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang digambarkan dalam teks. Sedangkan dalam bentuk verbal berupa materi-materi yang dijelaskan melalui teks, kata-kata, atau kalimat yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter. Jadi melalui kombinasi visual dan verbal, buku teks tersebut dapat merangsang berbagai indera dan kemampuan kognitif siswa, sehingga memperkuat keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep-konsep pendidikan karakter yang diusung oleh Tomas Lickona. 2). Urgensi nilai-nilai pendidikan dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD meluputi tujuh bagian yaitu sebagai pembentukan karakter sejak dini, membentuk perilaku etis dan berakhlak mulia dengan mengintegrasikan nilai agama dan moral, mengembangkan sikap empati dan kepedulian sosial, mencegah perilaku negatif, menyiapkan generasi yang bertanggung jawab, dan sebagai peningkatan kualitas kehidupan sosial bagi generasi penerus bangsa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Buku PAI Kelas V SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 05:46 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 05:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |