Nur Syaifudin, Rahmat (2025) Pemanfaatan Media Interaktif ISO dalam Pembelajaran PAI Materi Rasul Ulul Azmi di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa Balapan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031298_JUDUL__250409012010.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031298_BAB_I__250409012010.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031298_BAB_II__250409012010.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031298_BAB_III__250409012010.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031298_BAB_IV__250409012010.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031298_BAB_V__250409012010.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031298_DAFTAR_PUSTAKA__250409012010.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031298_LAMPIRAN__250409012010.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1900031298_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250409012010.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya efektifitas dan hasil akhir pembelajaran seperti halnya rasa kantuk, bosan, ketakutan dalam menjawab soal-soal yang diberikan pada santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa Balapan menjadikan perhatian khusus bagi seorang pendidik dalam perolehan hasil proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan metode ajar yang monoton, perangkat ajar yang minim, kurang tepatnya pemilihan media pembelajaran, sumber belajar hanya buku, dan kurangnya inisiatif pendidik dalam mengembangkan suatu media pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui analisis penerapan media interaktif dalam pembelajaran materi Rasul Ulul Azmi. (2) Untuk mengetahui hasil penerapan media interaktif ISO dalam pembelajaran. (3) Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan media interaktif ISO dalam PAI materi Rasul Ulul Azmi di TPA At- Taqwa Balapan Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field research, purposive sampling dan memadukan konsep ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah Wakil Direktur, Asatid, santri dan beberapa ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu analisis sebelum di lapangan dengan studi pendahuluan dan analisis selama di lapangan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan kondisi awal pembelajaran PAI materi Rasul Ulul Azmi kurang efektif. Setelah melihat kondisi awal pembelajaran di TPA At-Taqwa ternyata power point bisa digunakan untuk media pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam power point seperti hyperlink dan yang lainnya. Hasil penyususnan media pembelajaran ISO ini dalam penerapannya terdapat keunggulan, yaitu terkesan menyenangkan, fleksibel, menarik, sistematis, efektif, dan interakif. Sehingga, santri tidak lagi mengalami kesulitan dan ketakutan dalam memahami materi serta menghadapi soal-soal atau pertanyaan. Namun ada pula kelemahannya seperti membutuhkan perangkat laptop dan jumlah slide yang tidak sedikit sehingga pengisian soal dilakukan secara manual.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media Interaktif, Pembelajaran PAI,Power Point. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 05:54 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 05:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |