Strategi Komunikasi Pemasaran Swalco Coffee dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas Konsumen di Yogyakarta

Athilla Faralenni, Shakira (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Swalco Coffee dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas Konsumen di Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2100030125_JUDUL__250408120134.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2100030125_BAB_I__250408120134.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2100030125_BAB_II__250408120134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2100030125_BAB_III__250408120134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2100030125_BAB_IV__250408120134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2100030125_DAFTAR_PUSTAKA__250408120134.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2100030125_LAMPIRAN__250408120134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2100030125_NASKAH__250408120134.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Strategi Komunikasi Pemasaran Swalco Coffee Dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas Konsumen di Yogyakarta. Hal ini berkaitan dengan tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Swalco Coffee dalam upaya mempertahankan loyalitas konsumen di Swalco Coffee di Yogyakarta menggunakan konsep bauran pemasaran 7P yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Process (proses) dan Physical Evidence (bukti fisik).
Metode penelitian yang diguunakan adalah deskripif kualitatif tringulasi sumber dan tringulasi teknik untuk mendapatkan data yang sama mengenai strategi komunikasi pemasaran Swalco Coffee dalam upaya mempertahankan loyalitas konsumen di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu Strategi product (produk) yang dilakukan Swalco Coffee dibedakan menjadi dua , dine in dan online order. Swalco Coffee memiliki menu andalannya yaitu essential walet dan kopi walet. Desain produk, bahan baku serta konsistensi rasa merupakan aspek yang diperhatikam memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam strategi price (harga) Swalco Coffee menetapkan harga dengan mempertimbangkan HPP (Harga Pokok Penjualan), target pasar serta lokasi. Strategi place (tempat) Swalco Coffee berada di lokasi yang strategis, Swalco Coffee juga menyediakan lokasi melalui Google Maps serta dicantumkan pada biodata Instagram. Strategi promotion (promosi) Swalco Coffee memaksimalkan promosi pada media sosial Instagram serta mengadakan event dan workshop. Strategi people (orang) Swalco Coffee memperhatikan kualitas orang atau karyawannya dengan melakukan training atau pelatihan maksimal selama satu minggu bagi karyawan baru dan mengajarkan karyawannya untuk dapat melayani konsumen dengan baik. Strategi process (proses) Swalco Coffee memperhatikan pelayanan konsumen. Strategi physical evidence (bukti fisik) Swalco Coffee mencakup konsep industrial dengan didominasi warna monokrom, terdapat pepohonan dan tanaman dihalaman depan, menyediakan indoor, oudoor maupun rooftop dan penampilan karyawan yang rapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi Komunikasi, Pemasaran, Teori Bauran Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 05:59
Last Modified: 17 Apr 2025 05:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82991

Actions (login required)

View Item View Item