Pengaruh Self-Resilience terhadap Academic Burnout di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo

Kurniannur, Nimas Wening (2025) Pengaruh Self-Resilience terhadap Academic Burnout di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2100031106_JUDUL__250410051029.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2100031106_BAB_I__250409115532.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2100031106_BAB_II__250409115532.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2100031106_BAB_III__250409115532.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2100031106_BAB_IV__250409115532.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2100031106_BAB_V__250409115532.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2100031106_DAFTAR_PUSTAKA__250410052713.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2100031106_LAMPIRAN__250410052713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100031106_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250409115532.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan pada penelitian sebelumnya yaitu telah banyak penelitian sebelumnya yang melakukan penelitian tentang academic burnout pada jenjang perkuliahan dan sekolah SMA biasa, tetapi sedikit yang meneliti pada lingkup pesantren. Kegiatan pesantren yang padat seringkali membuat santriwati kewalahan dalam membagi waktu dan merasakan pressure yang berlebihan saat menjalani kewajibannya. Maka hal ini dianggap dapat menjadi faktor terjadinya academic burnout atau kelelahan yang terjadi dalam lingkup akademik. Sedangkan self-resilience dianggap sebagai sebuah tindakan yang dapat diambil individu sebagai tameng atau kemampuan beradaptasinya pada sebuah kondisi. Faktor yang dapat mendukung cara beradaptasi individu salah satunya adalah kepercayaan diri dan kemampuan individu dalam bersosialisasi pada lingkungan yang baru.
Pendekatan kausalitas digunakan sebagai teknik pendekatan peda penelitian ini. Teknik sampling menggunakan propotionate stratified random sampling. Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 160 santriwati yang dibagi menjadi 4 strata sesuai kelas dan pengalamannya di lingkup pesantren. Self-Resilience adalah variabel bebas sedangkan academic burnout menjadi variabel terikat. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket atau kuisoner sebagai instrument penelitian. Uji prasyarat yaitu uji asumsi normalitas, linearitas, dan homogenitas sebagai proses yang dilalui untuk pengolahan data. Sedangkan pengujian hipotesis penelitian memakai analisis regresi linear sederhana. Pengujian tersebut menggunakan aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; Pertama, tingkat academic burnout santriwati di pesantren putri Al-Mawaddah berada pada tingkat sedang dengan presentase 73% dari 160 responden; Kedua, tingkat self-resilience santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah berada pada tingkat sedang dengan presentase 68% dari 160 responden; Ketiga, self-resilience memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap academic burnout santriwati dengan presentase 33 academic burnout dapat dijelaskan dengan variabel self-resilience sedangkan 67% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan di penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Self-Resilience, Academic Burnout, PP Al-Mawaddah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:01
Last Modified: 17 Apr 2025 06:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83001

Actions (login required)

View Item View Item