Kurniannur, Nimas Wening (2025) Pengaruh Self-Resilience terhadap Academic Burnout di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100031106_JUDUL__250410051029.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100031106_BAB_I__250409115532.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100031106_BAB_II__250409115532.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100031106_BAB_III__250409115532.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100031106_BAB_IV__250409115532.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100031106_BAB_V__250409115532.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100031106_DAFTAR_PUSTAKA__250410052713.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2100031106_LAMPIRAN__250410052713.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100031106_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250409115532.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan pada penelitian sebelumnya yaitu telah banyak penelitian sebelumnya yang melakukan penelitian tentang academic burnout pada jenjang perkuliahan dan sekolah SMA biasa, tetapi sedikit yang meneliti pada lingkup pesantren. Kegiatan pesantren yang padat seringkali membuat santriwati kewalahan dalam membagi waktu dan merasakan pressure yang berlebihan saat menjalani kewajibannya. Maka hal ini dianggap dapat menjadi faktor terjadinya academic burnout atau kelelahan yang terjadi dalam lingkup akademik. Sedangkan self-resilience dianggap sebagai sebuah tindakan yang dapat diambil individu sebagai tameng atau kemampuan beradaptasinya pada sebuah kondisi. Faktor yang dapat mendukung cara beradaptasi individu salah satunya adalah kepercayaan diri dan kemampuan individu dalam bersosialisasi pada lingkungan yang baru.
Pendekatan kausalitas digunakan sebagai teknik pendekatan peda penelitian ini. Teknik sampling menggunakan propotionate stratified random sampling. Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 160 santriwati yang dibagi menjadi 4 strata sesuai kelas dan pengalamannya di lingkup pesantren. Self-Resilience adalah variabel bebas sedangkan academic burnout menjadi variabel terikat. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket atau kuisoner sebagai instrument penelitian. Uji prasyarat yaitu uji asumsi normalitas, linearitas, dan homogenitas sebagai proses yang dilalui untuk pengolahan data. Sedangkan pengujian hipotesis penelitian memakai analisis regresi linear sederhana. Pengujian tersebut menggunakan aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; Pertama, tingkat academic burnout santriwati di pesantren putri Al-Mawaddah berada pada tingkat sedang dengan presentase 73% dari 160 responden; Kedua, tingkat self-resilience santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah berada pada tingkat sedang dengan presentase 68% dari 160 responden; Ketiga, self-resilience memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap academic burnout santriwati dengan presentase 33 academic burnout dapat dijelaskan dengan variabel self-resilience sedangkan 67% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan di penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Self-Resilience, Academic Burnout, PP Al-Mawaddah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:01 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |