Iftakhuzzulfa, Andita (2025) Implementasi Media Puzzle dalam Evaluasi Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDIT Baik (Bina Anak Islam Krapyak) Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100031094_JUDUL__250409043305.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100031094_BAB_I__250409043306.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100031094_BAB_II__250409043306.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100031094_BAB_III__250409043306.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100031094_BAB_IV__250409043306.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100031094_BAB_V__250409043306.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100031094_DAFTAR_PUSTAKA__250409043306.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100031094_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250409043306.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDIT BAIK Krapyak yaitu siswa yang banyak hafalannya namun belum tentu mengetahui tulisan yang dihafalkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan media puzzle dalam evaluasi hafalan kelas V di SDIT Baik Krapyak. Selain itu juga peneliti ingin mengetahui keefektivan media puzzle yang digunakan sebagai media evaluasi hafalan Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersumber dari satu orang guru tahfidz, dan satu orang koordinator guru tahfidz. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, pengamatan secara langsung, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analis data dilakukan melalui, reduksi data, penyajian data, dan penarikan keimpulan. Untuk menguji keabsahan data, maka dilakukan pengamatan secara terus menerus.
Hasil penelitian ini diperoleh melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa. Pertama, pada tahap perencanaan sudah tersusun baik, dibuktikan dengan adanya persiapan guru sebelum melakukan pembelajaran dalam penggunaan media puzzle. Kedua, pada tahap pelaksanaan penggunaan media puzzle dapat terlaksana dengan baik yang dilakukan perkelompok dan indivudu dengan tujuan untuk mencapai kualitas hafalan siswa. Ketiga, pada tahap ini setiap siswa diukur melalui hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh guru melalui tes evaluasi dalam menyusun media puzzle.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media puzzle, Evaluasi hafalan, Pembelajaran Al-Qur’an, Hafalan AlQur’an, Media pembelajaran interaktif. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:03 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |