Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 4 Kelapa Kampit Belitung Timur

Astuti, Ella (2023) Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 4 Kelapa Kampit Belitung Timur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005114_JUDUL__230726085140.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005114_BAB_I__230726085140.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005114_BAB_II__230726085140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005114_BAB_III__230726085140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005114_BAB_IV__230726085140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005114_BAB_V__230726085140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005114_DAFTAR_PUSTAKA__230726085140.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005114_LAMPIRAN__230726085140.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005114_NASKAH_PUBLIKASI__230726085140.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan multikultural diyakini dapat menjadi solusi nyata konflik yang ada di masyarakat. Selain sebagai sarana alternatif pemecah konflik, pendidikan multikultural juga signifikan dalam membina siswa agar tidak tercabut dari akar budaya yang ia miliki sebelumnya, tatkala ia berhadapan dengan realitas sosial budaya di era globalisasi. Pendidikan multikultural di dalam pembelajaran tidak harus mengubah kurikulum yang ada, tetapi pendidikan multikultural ini diterapkan sebagai Hidden Curriulum atau kuikulum tersembunyi. Pendidikan multikultural dapat diaplikasikan di semua mata pelajaran, salah satunya dalam pembelajaran tematik pada kurikulum 2013. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu (integrated instruction) yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individu maupun kelompok aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikulktural dalam pembelajaran tematik dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan: merancang program seperti program 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun,), Pelaksanaan 7K (Kebersihan, Keindhan, Kenyamanan, Ketertiban, Keamanan, Kerindangan, Kekeluargaan), perayaan hari besar keagamaan, melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing; pelaksanaan, melalui proses pembelajaran di kelas dan diintegrasikan ke dalam kegiatan ektrakurikuler pramuka dan kegiatan lain seperti tarian adat untuk mengikuti lomba; evaluasi, dilaksanakan melalui monitoring dan pengondisian warga sekolah. Faktor pendukung implementasi pendidikan multikultural yaitu iklim sekolah, kurikulum, peran guru, program terlaksana, dan sikap saling menghargai. Faktor penghambat implementasi pendidikan multikultural yaitu kurangnya poster pendidikan dan sarana sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: pendidikan multikultural, pembelajaran tematik, sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:11
Last Modified: 22 Apr 2025 02:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83044

Actions (login required)

View Item View Item