Restiany, Risma Ardianti (2023) Perkembangan Model Pendidikan Islam pada Abad Menengah – Modern (Pada Masa Daulah Turki Utsmani 1299 – 1924 M). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800031158_JUDUL__230824044235.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800031158_BAB_I__230820073140.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800031158_BAB_II__230820073140.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800031158_BAB_III__230820073140.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800031158_BAB_IV__230820073140.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800031158_BAB_V__230820073140.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031158_DAFTAR_PUSTAKA__230820073140.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800031158_LAMPIRAN__230820073140.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terkait Daulah Turki Utsmani merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar yang pernah dicatat oleh sejarah. Berkuasa selama 6 abad dengan pemimpin yangberbeda-beda tentu mempengaruhi corak kepemimpinan, termasuk didalamnya pengambilan kebijakan-kebijakan masalah sosial, politik, dan pendidikan. Dalam dunia pendidikan terdapat empat teori belajar yang popular, salah satunya ialah teori belajar humanistik. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mencari tahu modelmodel pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan Islam pada masa ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk, pertama, mengetahui perkembangan pendidikan Islam pada masa Daulah TurkiUtsmani. Kedua, mengetahui model pendidikan Islam pada masa Daulah Turki Utsmaniyang dapat digunakan di zaman sekarang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Dilanjutkan dengan menganalisis data dengan reduksidata, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, perkembangan pendidikan Islam pada masa Turki Utsmani tidak terlalu menonjol. Hal ini disebabkan karena perhatian para pemimpin Turki Utsmani tidak pada bidang Pendidikan Islam, tetapi pada bidang militer dan pemerintahan. Kedua, model pembelajaran yang digunakan dalam dunia pendidikan Islam pada masa Daulah Turki Utsmani ada dua, yakni model pembelajaran ekspositori dan model pembelajaran discoveri. Sedangkan untuk metode pembelajaran yang digunakanlebih bervariasi, yaitu metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas, dan diskusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | model, pendidikan Islam, Turki Utsmani |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education D History General and Old World > D History (General) D History General and Old World > D History (General) > D111 Medieval History |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 06:27 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 06:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |