Efektivitas Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Langsung Kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping

Zahra, Ima Fatimatus (2025) Efektivitas Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Langsung Kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900028116_JUDUL__250226105028.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900028116_BAB_I__250226101418.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900028116_BAB_II__250226101418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900028116_BAB_III__250226101418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900028116_BAB_IV__250226101418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900028116_DAFTAR_PUSTAKA__250226101418.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900028116_LAMPIRAN__250226101418.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1900028116_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250226103234.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode langsung dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi pada proses pembelajaran di kelas, wawancara mendalam dengan guru bahasa Arab dan siswa kelas 7, serta analisis dokumen seperti nilai rata-rata siswa pertahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode langsung memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil pembelajaran kosakata bahasa Arab. Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, termotivasi untuk belajar, dan mampu menggunakan kosakata baru dalam konteks yang relevan. Metode langsung juga menciptakan suasana pembelajaran yang lebih komunikatif dan interaktif, di mana siswa terlibat aktif dalam berbagai aktivitas berbahasa Arab, seperti membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis. Penelitian ini merekomendasikan bagi guru bahasa Arab untuk mengoptimalkan penerapan metode langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Metode Langsung, Pembelajaran Kosakata, Siswa Kelas 7 SMP Muhammadiyah 2 Gamping.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:39
Last Modified: 23 Apr 2025 03:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83144

Actions (login required)

View Item View Item