Prayustiwi, Annisa Puteri (2023) Pengembangan E-Modul pada Materi Aljabar dalam Kurikulum Merdeka Terintegrasi Literasi Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pundong. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006080_JUDUL__230625044508.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006080_BAB_I__230624060154.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006080_BAB_II__230624060154.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006080_BAB_III__230624060154.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006080_BAB_IV__230624060154.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006080_BAB_V__230624060154.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006080_DAFTAR_PUSTAKA__230624060154.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006080_LAMPIRAN__230624060154.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Prayustiwi, Annisa Puteri. 2023, “Pengembangan E-Modul Pada Materi Aljabar Dalam Kurikulum Merdeka Terintegrasi Literasi Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pundong”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
ABSTRAK
Literasi matematika adalah kemampuan individu menggunakan nalar secara matematika untuk merumuskan, menerapkan, menafsirkan, dan memecahkan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Dalam pembelajaran diperlukan bahan ajar yang mendukung kemampuan literasi matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan serta mengetahui kevalidan, kepraktisan dan kelayakan e-Modul materi Aljabar terintegrasi Literasi Matematika.
Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sebelum melakukan uji coba terhadap siswa, terdapat tahap validasi yaitu validasi materi dan validasi media yang digunakan untuk mengetahui kevalidan produk. Dalam penelitian ini terdapat dua tahap uji coba yaitu uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan poduk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor 83,5 dari ahli materi dengan kategori sangat baik, dan diperoleh rata-rata skor 101 dari ahli media dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji coba kelas kecil diperoleh skor 89,4 dengan kategori sangat baik dan kelas besar diperoleh skor 92,86666667 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa e-Modul memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | e-modul, Kemampuan Literasi Matematika, Kurikulum Merdeka, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:22 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |