Pengembangan Media Video Anti Bolos dalam Bimbingan Klasikal untuk Mencegah Perilaku Membolos pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Manisrenggo

Sholeh, Bagus Kurniawan (2023) Pengembangan Media Video Anti Bolos dalam Bimbingan Klasikal untuk Mencegah Perilaku Membolos pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Manisrenggo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001214_JUDUL__230203091618.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001214_BAB_I__230203091618.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001214_BAB_II__230203091618.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001214_BAB_III__230203091618.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001214_BAB_IV__230203091618.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001214_BAB_V__230203091618.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001214_DAFTAR_PUSTAKA__230203091618.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001214_LAMPIRAN__230203091618.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kenakalan remaja sering terjadi pada saat sekarang ini, salah satu bentuk perilaku kenakalan remaja yang dilakukan siswa di sekolah adalah perilaku bolos. Saat ini masih banyak diantara siswa-siswi yang ketika sekolah mereka masih membolos. Hal tersebut adanya pendidikan tersebut siswa diharapkan dapat dilakukan oleh mereka dengan berbagai macam alasan. Layanan bimbingan dan konseling tentang perilaku membolos dapat dilakukan oleh guru BK melalui layanan bimbingan klasikal menggunakan bantuan media layanan agar lebih menarik dan efektif. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media layanan video anti bolos untuk mencegah perilaku membolos bagi siswa SMP
Peneliti menggunakan metode pengembangan model ADDIE namun dikarenakan ada beberapa keterbatasan salah satunya keterbasan waktu maka peneliti hanya melakukan sampai 3 tahap yaitu Anlysis (Analisis) dengan menganalisis kebutuhan dan materi, kemudian tahap Design (Desain) dengan mendesain materi, perangkat dan storyboard, dilanjutkan ke tahap Development (Pengembangan).
Hasilnya penelitian pengembangan media video anti bolos untuk mencegah perilaku membolos penilaian ahli materi mendapatkan nilai 85,00 berpredikat sangat baik, penilaian ahli media mendapatkan nilai 73,21 berpredikat baik, penilaian ahli layanan mendapatkan nilai 90,90 berpredikat sangat baik, dan Harapannya penelitian pengembangan media video anti bolos dapat menjadi alternatif inovasi layanan bagi guru BK dalam mencegah perilaku membolos melalui layanan bimbingan klasikal dan mempermudah siswa untuk mampu memahami tentang perilaku membolos.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: perilaku membolos, video anti bolos, bimbingan klasikal, media layanan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:27
Last Modified: 28 Apr 2025 06:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83212

Actions (login required)

View Item View Item