Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SD Negeri Kalbir

Pranita, Arswin Tirta (2023) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SD Negeri Kalbir. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005239_JUDUL__230626105146.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005239_BAB_I__230626105146.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005239_BAB_II__230626105146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005239_BAB_III__230626105146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005239_BAB_IV__230626105146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005239_BAB_V__230626105146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005239_DAFTAR_PUSTAKA__230626105146.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005239_LAMPIRAN__230626105146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005239_NASKAH_PUBLIKASI__230626105146.pdf

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, faktor penghambat-pendukung dan solusi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Kalbir. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 4 & 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah SD Negeri Kalbir melaksanakan perannya sebagai edukuator dengan memberikan contoh yang baik dan meningkatkan profesionalisme guru; sebagai manajer merencanakan dan mengelola segala yang berhubungan dengan sekolah; sebagai administrator memberikan arahan dalam mengembangkan administrasi sekolah melalui rapat dewan guru/workshop; sebagai supervisor dengan melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja guru; sebagai leader memberikan reward dan punishment; sebagai innovator memberikan strategi kreatif guru dalam mengajar; sebagai motivator memberikan dorongan untuk meningkatkan semangat kerja para guru. 2) Faktor penghambat yaitu status guru sebagian masih honorer dan sarana prasarana belum lengkap, Faktor pendukung yaitu suatu kepribadian guru yang baik serta 3) Solusinya yaitu memperbarui tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Peran Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Disiplin Kerja
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:31
Last Modified: 25 Apr 2025 07:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83218

Actions (login required)

View Item View Item