Pranita, Arswin Tirta (2023) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SD Negeri Kalbir. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005239_JUDUL__230626105146.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005239_BAB_I__230626105146.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005239_BAB_II__230626105146.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005239_BAB_III__230626105146.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005239_BAB_IV__230626105146.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005239_BAB_V__230626105146.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005239_DAFTAR_PUSTAKA__230626105146.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005239_LAMPIRAN__230626105146.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005239_NASKAH_PUBLIKASI__230626105146.pdf Download (803kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, faktor penghambat-pendukung dan solusi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Kalbir. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 4 & 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah SD Negeri Kalbir melaksanakan perannya sebagai edukuator dengan memberikan contoh yang baik dan meningkatkan profesionalisme guru; sebagai manajer merencanakan dan mengelola segala yang berhubungan dengan sekolah; sebagai administrator memberikan arahan dalam mengembangkan administrasi sekolah melalui rapat dewan guru/workshop; sebagai supervisor dengan melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja guru; sebagai leader memberikan reward dan punishment; sebagai innovator memberikan strategi kreatif guru dalam mengajar; sebagai motivator memberikan dorongan untuk meningkatkan semangat kerja para guru. 2) Faktor penghambat yaitu status guru sebagian masih honorer dan sarana prasarana belum lengkap, Faktor pendukung yaitu suatu kepribadian guru yang baik serta 3) Solusinya yaitu memperbarui tata tertib sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Disiplin Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |