Zulkarnaen, Nurul Fathimah (2024) Hubungan antara Self Management dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Imogiri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1700001150_JUDUL__240716084550.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1700001150_BAB_I__240716084550.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1700001150_BAB_II__240716084550.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1700001150_BAB_III__240716084550.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1700001150_BAB_IV__240716084550.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1700001150_BAB_V__240716084550.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001150_DAFTAR_PUSTAKA__240716084550.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1700001150_LAMPIRAN__240716084550.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kedisiplinan menjadi persoalan penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Kedisiplinan yang rendah membuat siswa tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik, akibatnya ditemukan berbagai macam pelanggaran yang mengganggu kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satu penyebab kedisiplinan belajar yang rendah disebabkan oleh self management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Management dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Imogiri .
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Imogiri Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 182 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling sehingga jumlah yang dibutuhkan sebanyak 125 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket self management dan angket disiplin belajar yang telah diuji validitas & reliabilitasnya dengan menggunakan skala Likkert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment pearson dengan pehitungan melalui bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat self management siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Imogiri berada di kategori sedang dengan persentase (60%) sebanyak 75 siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan tingkat disiplin belajar siswa VIII SMP Muhammadiyah Imogiri berada di kategori sedang dengan persentase (53,5%) sebanyak 67 siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis memiliki signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,703, artinya terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara self management dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Imogiri. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi self management siswa, maka tingkat disiplin belajar akan semakin tinggi. Disiplin belajar siswa 49,42% dipengaruhi oleh self management, dan 50,58% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan guru BK untuk memenuhi kebutuhan siswa dapat dilakukan layanan bimbingan kelompok maupun konseling kelompok. Siswa yang memiliki disiplin belajar yang rendah dapat dilakukan konseling individu untuk menyelesaikan permasalahan siswa sesuai dengan kondisi yang dialami tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | self management, disiplin belajar, siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 06:28 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 06:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |