Satiti, Galuh Sekar (2024) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa dengan Teknik Brain Gym melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1700001143_JUDUL__240716095055.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1700001143_BAB_I__240716095055.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1700001143_BAB_II__240716095055.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1700001143_BAB_III__240716095055.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1700001143_BAB_IV__240716095055.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1700001143_BAB_V__240716095055.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001143_DAFTAR_PUSTAKA__240716095055.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1700001143_LAMPIRAN__240716095055.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Konsentrasi belajar merupakan aspek yang diperlukan agar fokus pada proses pembelajaran sehingga siswa dapat menerima informasi dari guru dengan baik. Kemampuan siswa untuk berkonsentrasi dipengaruhi oleh lingkungan
sekitar, salah satu latihan yang digunakan untuk meningkatkan fungsi otak selama proses pembelajaran adalah senam otak atau Brain Gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik Brain Gym efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian eksperimen one grup Pretest-Posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik dependent, variabel terikat adalah konsentrasi belajar. Subjek pada penelitian ini yaitu 10 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket konsentrasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis Pretest post test, pengujian hipotesis dengan uji t menggunakan bantuan program SPSS.
Penelitian ini melakukan 4 kali pemberian treatment untuk meningkatkan
hasil konsentrasi belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan pada saat
dilakukan Pretest menunjukkan konsentrasi belajar siswa berada di kategori
rendah. Setelah dilakukan Posttest terhadap 10 siswa menunjukkan layanan
bimbingan kelompok teknik Brain Gym untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa berada di kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh 17,301>2,262 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik Brain Gym. Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik Brain Gym efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Imogiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | konsentrasi belajar, Brain Gym, bimbingan kelompok, siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 01:34 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 01:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |