Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah Mantaran di Masa Pandemi Covid 19

Nurhidayat, Wahyu (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah Mantaran di Masa Pandemi Covid 19. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700005344_JUDUL__230314074314.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700005344_BAB_I__230209011625.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700005344_BAB_II__230209011625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700005344_BAB_III__230209011625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700005344_BAB_IV__230209011625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700005344_BAB_V__230209011625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005344_DAFTAR_PUSTAKA__230209011625.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700005344_LAMPIRAN__230209011625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005344_NASKAH_PUBLIKASI__230209011625.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa jawa siswa kelas 3 di SD Muhammadiyah Mantaran di masa pandemi covid-19. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran di masa pandemi, peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa, dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru bahasa jawa dan siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Mantaran. Objek dalam penelitian ini adalah peran guru dalam memotivasi siswa belajar Bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam memotivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa berlangsung dengan baik, dari cara guru menyampaikan materi, memberi contoh yang baik, memahami karakter siswa, memusatkan perhatian dan memberikan motivasi. Guru menjalankan perannya dengan baik, sebagai pendidik, model teladan, fasilitator dan motivator. Terdapat faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan motivasi Bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bahasa Jawa, Pembelajaran Di Masa Pandemi, Peran Guru, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:19
Last Modified: 29 Apr 2025 02:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83269

Actions (login required)

View Item View Item