Nurhidayat, Wahyu (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah Mantaran di Masa Pandemi Covid 19. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1700005344_JUDUL__230314074314.pdf Download (805kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1700005344_BAB_I__230209011625.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1700005344_BAB_II__230209011625.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1700005344_BAB_III__230209011625.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1700005344_BAB_IV__230209011625.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1700005344_BAB_V__230209011625.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005344_DAFTAR_PUSTAKA__230209011625.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1700005344_LAMPIRAN__230209011625.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005344_NASKAH_PUBLIKASI__230209011625.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa jawa siswa kelas 3 di SD Muhammadiyah Mantaran di masa pandemi covid-19. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran di masa pandemi, peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa, dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru bahasa jawa dan siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Mantaran. Objek dalam penelitian ini adalah peran guru dalam memotivasi siswa belajar Bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam memotivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa berlangsung dengan baik, dari cara guru menyampaikan materi, memberi contoh yang baik, memahami karakter siswa, memusatkan perhatian dan memberikan motivasi. Guru menjalankan perannya dengan baik, sebagai pendidik, model teladan, fasilitator dan motivator. Terdapat faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan motivasi Bahasa Jawa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bahasa Jawa, Pembelajaran Di Masa Pandemi, Peran Guru, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:19 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |