Pengembangan Gamifikasi Berbasis Website untuk Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa SMK Kelas X

Wahda, Najmia (2023) Pengembangan Gamifikasi Berbasis Website untuk Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa SMK Kelas X. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900003145_JUDUL__230921105823.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900003145_BAB_I__230922092809.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900003145_BAB_II__230922093318.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900003145_BAB_III__230922093433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900003145_BAB_IV__230922093433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900003145_BAB_V__230922093433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003145_DAFTAR_PUSTAKA__230922093433.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900003145_LAMPIRAN__230920023629.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003145_NASKAH_PUBLIKASI__230920023629.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dalam mengajar guru yang monoton dan banyaknya siswa yang kecanduan bermain game online sehingga memiliki dampak pada keinginan belajar, pengetahuan yang kian menurun, hingga penurunan dalam prestasi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pengembangkan media gamifikasi berbasis android yang dikaitkan dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia teks deskripsi SMK kelas X, (2) hasil kelayakan media gamifikasi yang memakai website sebagai basis operasinya pada materi teks deskripsi SMK kelas X, dan (3) menguji keefektifan media gamifikasi berbasis website pada materi teks deskripsi SMK kelas X.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siwa SMK Muhammadiyah Playen kelas X di. Desain penelitian yang dipakai yaitu ADDIE dengan lima tahapan antara lain: tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan uji jenis pengujian yaitu uji kelayakan produk serta uji efektivitas produk dan metode analisis kualitatif yang menggunakan uji statistik uji-t. Instrumen yang digunakan media pembelajaran adalah gamifikasi berbasis website.
Hasil penelitian yang ditemukan ialah sebagai berikut, (1) Pengembangan media gamifikasi berbasis website yang memakai desain penelitian ADDIE sangat layak diterapkan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, (2) berdasarkan kriteria kelayakan yang didapatkan dari hasil skor yang didapatkan ahli validasi materi memperoleh skor 100, ahli media mendapatkan skor 89, dan ahli pengajaran mendapatkan skor 78,4. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil uji kelayakan sebesar 89,1 dengan kategori “Sangat Layak”, (3) hasil yang diperoleh dari uji efektifitas yang meliputi uji Independent Sample T-Test hasil rata-rata pre tes eksperimen lebih tinggi daripada pre tes kontrol yaitu dengan nilai (sig) 0,016<0,005 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen dari kedua tes yakni pre tes dan post test. Pada uji Paired Sample T-Test signifikasi (Sig.) pre dan post kontrol menghasilkan 0,004<0,005 yang artinya ada perbedaan hasil, sedangkan pre dan post eksperimen menghasilkan 0,000<0,005 sehingga terdapat perbedaan antara pre dan post eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pengembanggan, Gamifikasi, Website, Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:01
Last Modified: 29 Apr 2025 09:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83278

Actions (login required)

View Item View Item