Saputra, Yoga Arda (2023) Strategi Guru dalam Menerapkan Nilai-nilai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bernalar Kritis pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Tonggalan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005280_JUDUL__231014063921.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005280_BAB_I__231014030438.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005280_BAB_II__231014030438.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005280_BAB_III__231014030438.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005280_BAB_IV__231014030438.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005280_BAB_V__231014030438.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005280_DAFTAR_PUSTAKA__231014030438.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005280_LAMPIRAN__231014030438.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005280_NASKAH_PUBLIKASI__231014030438.pdf Download (536kB) |
Abstract
Profil pelajar pancasila merupakan karakter dan dapat diterapkan kepada siswa dalam satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai penguatan profil pelajar pancasila bernalar kritis pada kurikulum merdeka serta mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung yang di hadapi dalam pembelajaran untuk menerapkan nilai-nilai pelajar pancasila pada kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Tonggalan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan terkait dengan strategi guru dalam pembelajaran kolaboratif Project Based Learning melalui profil pelajar pancasila bernalar kritis pada kurikulum merdeka ialah kegiatan inti Project Based Learning berisi langkah-langkah pada proyek sebagai berikut: pertama penentuan pertanyaan, kedua mendesain perencanaan proyek, ketiga menyusun jadwal, keempat memonitor atau memantau peserta didik pada kemajuan proyek yang akan dibuat, kelima menguji hasil, dan keenam mengevaluasi pengalaman. Pada dimensi bernalar kritis mempunyai elemen- elemen yaitu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, dan merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Pembelajaran Project based Learning memiliki faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran didukung oleh guru yang suka berinovasi, mau mengubah cara mengajar tradisional ke pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa tidak hanya pasif duduk diam mendengarkan penjelasan guru, akan tetapi siswa terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran siswa. Faktor penghambat dalam pelaksanaan Project based Learning yaitu faktor penghambat dalam pelaksanaan yaitu adanya miskomunikasi antara orang tua dengan peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Strategi Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:20 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |