Husna, Lathifah Irsyadiyah (2024) Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000031002_JUDUL__240925124503.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000031002_BAB_I__240925020109.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000031002_BAB_II__240925115521.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000031002_BAB_III__240925115521.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000031002_BAB_IV__240925115521.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000031002_BAB_V__240925115521.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031002_DAFTAR_PUSTAKA__240925115521.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000031002_LAMPIRAN__240925115521.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
Abstract
Lathifah Irsyadiyah Husna (2000031002), Fakultas Agama Islam, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang ditemukan yaitu penurunan prestasi belajar sebagian peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas 10 di SMA Negeri 2 Bantul. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan prioritas kegiatan dan tidak menjadwalkan secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2023/2024 dan tingkat pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bantul dengan mengambil sampel 181 siswa dari total populasi 266 siswa kelas 10 SMA Negeri 2 Bantul. Penarikan sampel berdasarkan dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah manajemen waktu (X), sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuersioner dan dokumentasi nilai siswa.Teknik analisis yang digunakan yaitu uji nonparametrik dengan jenis uji Spearman Rank menggunakan bantuan program software SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel manajemen waktu dan prestasi belajar pendidikan agama Islam terdapat pengaruh antara manajemen waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas 10 SMA Negeri 2 Bantul dengan nilai signifikansi 0,12 < 0,05. Dan tingkat pengaruhnya dinyatakan dengan nilai r square 3,5%. Dengan demikian, meskipun hubungan antara kedua variabel ini signifikan, masih terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi variabel Y yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Faktor Internal Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |