Mulyani, Pangestu Dwi (2023) Analisis Minat Belajar Siswa Kelas V terhadap Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1700005167_JUDUL__230524094920.pdf Download (977kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1700005167_BAB_I__230324115550.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1700005167_BAB_II__230324115550.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1700005167_BAB_III__230324115550.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1700005167_BAB_IV__230324115550.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1700005167_BAB_V__230324115550.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005167_DAFTAR_PUSTAKA__230324115550.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1700005167_LAMPIRAN__230324115550.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005167_NASKAH_PUBLIKASI__230324115550.pdf Download (560kB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar peserta didik selama pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaiamana minat belajar siswa kelas V terhadap pembelajaran daring serta faktor penghambat proses pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V sertaguru wali kelas V, dan kepala sekolah di SD Muhammadioyah Danunegaran Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring dan minat belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V. Hal ini disebabkan karena peserta didik mudah cepat bosan ketika pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran dirasa kurang menarik dan seru tidak seperti pembelajaran di kelas. Selain saat belajar secara daring peserta didik merasa kurang leluasa untuk berdiskusi dengan teman mengenai materi pembelajaran, tidak seperti saat belajar di kelas, ini yang menyebabkan minat mereka untuk belajar menjadi kurang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Penghambat Minat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:18 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |