Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Karanganom I Kecamatan Karangmojo

Wibawa, Huzen Umar (2023) Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Karanganom I Kecamatan Karangmojo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005026_JUDUL__231211083748.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005026_BAB_I__231211083748.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005026_BAB_II__231211083748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005026_BAB_III__231211083748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005026_BAB_IV__231211083748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005026_BAB_V__231211083748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005026_DAFTAR_PUSTAKA__231211083748.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005026_LAMPIRAN__231211083748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005026_NASKAH_PUBLIKASI__231211083748.pdf

Download (287kB)

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh pendidik sebelum melakukan kegiatan pembelajaran supaya pembelajaran yang terlaksana sesuai dengan keinginan serta mendapatkankan hasil yang diinginkan. Perencanaan pembelajaran juga dapat didefinisikan sebagai proyeksi mengenai sesuatu hal yang semestinya dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar, yang berfungsi untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran di SD Karanganom 1 serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan pembelajaran di SD Karanganom 1, Kecamatan Karangmojo.
Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas 1,4,dan 5. Alasan dipilih guru dari 3 kelas tersebut karena di SD Karanganom 1 baru 3 kelas yang menerapkan kurikulum merdeka belajar. Objek pada penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran di SD Karanganom 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan kisi kisi observasi, kisi kisi wawancara, serta kisi kisi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknk analisis data menurut ahli yaitu Miles dan Huberman
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru kelas di SD Karanganom 1 pada semester ganjil 2023/2024 telah menyusun program perencanaan pembelajaran. Program perencanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru kelas yang menerapkan kurikulum merdeka belajar yaitu : kalender pendidikan, rencana minggu efektif, program tahunan, program semester, alur tujuan pembelajaran, dan modul ajar. Kalender pendidikan disusun oleh guru dan kepala sekolah. Guru menghitung minggu efektif dan hari efektif dari kalender pendidikan yang telah disusun. Program tahunan dan program semester disusun oleh guru berpedoman pada rencana minggu efektif. Guru menyusun alur tujuan pembelajaran berpedoman pada kurikulum yang sedang berlaku di sekolah. Guru kelas menyusun modul ajar berpedoman pada alur tujuan pembelajaran dan program semester. Modul ajar yang disusun terdiri dari informasi umum, Capaian dan Tujuan Pembelajaran, detail rancangan penggunaan, serta detail pertemuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 May 2025 02:36
Last Modified: 02 May 2025 02:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83319

Actions (login required)

View Item View Item