Pengaruh Sumber Belajar Buku terhadap Pemahaman Materi Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTS Muhammadiyah Banjarmangu

Wibawa, Zakki Teguh (2023) Pengaruh Sumber Belajar Buku terhadap Pemahaman Materi Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTS Muhammadiyah Banjarmangu. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031153_JUDUL__230324014853.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031153_BAB_I__230324014853.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031153_BAB_II__230324014853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031153_BAB_III__230324014853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031153_BAB_IV__230324014853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031153_BAB_V__230324014853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031153_DAFTAR_PUSTAKA__230324014853.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031153_LAMPIRAN__230324014853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akidah ahklak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Banjarmangu. Sumber belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi untuk mencapai keberhasilan, yang dapat meningkatkan produktivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat penggunaan sumber belajar buku, seberapa besar tingkat pemahaman materi, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sumber belajar buku terhadap pemahaman materi akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Banjarmangu.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Banjarmangu dengan jumlah responden sebanyak 38 siswa yang merupakan siswa kelas VIII. Variabel independen dalam penelitian ini yakni sumber belajar (X), dan variabel dependennya yakni Pemahaman Materi akidah akhlak (Y). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, dengan teknik analisis uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat sumber belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Banjarmangu termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 55,3%. Tingkat pemahaman materi akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Banjarmangu termasuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 57,9%. Hasil analisis uji regresi linier sederhana menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar buku terhadap pemahaman materi akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Banjarmangu dengan nilai signifikansi sebesar 0,063 > 0,05, karena subyek penelitian sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Sumber Belajar Buku, Pemahaman Materi, Akidah Akhlak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 May 2025 02:41
Last Modified: 02 May 2025 02:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83323

Actions (login required)

View Item View Item