Pendekatan Theory of Planned Behaviour dengan Proses Investigasi Niat Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Daging Ayam Potong yang Halal (Studi Kasus di Pasar Tradsional Kota Yogyakarta)

Hasan, Ahmad Alvin (2023) Pendekatan Theory of Planned Behaviour dengan Proses Investigasi Niat Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Daging Ayam Potong yang Halal (Studi Kasus di Pasar Tradsional Kota Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600019021_JUDUL__230726015305.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600019021_BAB_I__230726015305.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600019021_BAB_II__230726015305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600019021_BAB_III__230726015305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600019021_BAB_IV__230726015305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600019021_BAB_V__230726015305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600019021_DAFTAR_PUSTAKA__230726015305.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600019021_LAMPIRAN__230726015305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumen muslim terhadap produk pada pembelian ayam potong di pasar tradisional daerah Kota Yogyakarta mulai memperhatikan kehalalan produk. Berdasarkan dari hasil obesrvasi dan wawancara yang dilakukan terhadap konsumen muslim yang sedang membeli produk daging ayam potong di pasar Kota Yogyakarta sebanyak 70% konsumen (14 dari 20 konsumen) diantaranya mempercayakan kualitas dan kehalalan dari daging ayam potong terhadap penjual, namun kenyataannya produsen daging ayam potong tidak memberikan jaminan terhadap daging ayam potong yang mereka distribusikan kepada penjual di pasar Kota Yogyakarta. Dalam hal ini diharapkan konsumen muslim lebih memperhatikan terhadap kehalalan produk ayam potong. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi niat konsumen muslim dalam membeli daging ayam potong berdasarkan kepedulian terhadap kehalalan dengan pendekatan Theory of Planned Behavior.
Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda dengan pengambilan data dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada 264 responden. Teknik sampling yang digunakan purpossive sampling dengan faktor yang digunakan adalah sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan awareness of halal guna menjelaskan niat konsumen dalam membeli daging ayam potong. Pengujian dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 23.
Penelitian ini menyatakan bahwa besarnya kontribusi koefisien determinasi faktor sikap, norma subjektif, kontrol perilaku dan awareness of halal yaitu sebesar 57,6% sisanya sebesar 42,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya, ke 4 variabel dalam menjelaskan niat konsumen untuk membeli daging ayam potong yang halal adalah sebesar 57,6�n sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui. Hasil tersebut juga dipengaruhi oleh variabel tambahan awareness of halal yang tidak berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien -0,111. Nilai koefisien yang bernilai negatif artinya nilai tersebut berdampak mengurangi niat konsumen dalam membeli daging ayam potong yang halal.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: awareness of halal, daging ayam potong, regresi berganda, Theory of planned behavior
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HF Commerce
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 May 2025 08:24
Last Modified: 03 May 2025 08:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83344

Actions (login required)

View Item View Item