Khasanah, Siti Nur (2023) Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Kegiatan Rohis di SMAN 1 Kasihan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031189_JUDUL__230820074545.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031189_BAB_I__230818050906.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031189_BAB_II__230818050906.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031189_BAB_III__230818050906.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031189_BAB_IV__230818050906.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031189_BAB_V__230818050906.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031189_DAFTAR_PUSTAKA__230818050906.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031189_LAMPIRAN__230818050906.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
Abstract
Pembentukan Karakter Islami Peserata Didik Melalui Kegiatan Rohis di SMAN 1 Kasihan
Siti Nur Khasanah 1900031189
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kemorosotan nilai karakter peserta didik yang sangat memprihatinkan. Seperti tawuran antar pelajar, mencontek pada saat ujian, tindakan bullying, bolos sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan Rohis dalam pembentukan karakter, (2) menjelaskan Nilai- nilai yang dikembangkan dalam pembentukan karakter Islami dan (3) menjelaskan Faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter Islami peserta didik di SMAN 1 Kasihan. Subjek penelitian ialah Pembina Rohis, Guru PAI dan Pengurus Rohis.
Metode dalam penelitian ini yaitu meteode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, pengumpulan data ialah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kegiatan yang dilakukan Rohis dalam pembentukan karakter Islami seperti Mabit, Ngabubustreet, reminder, kajian bulanan, pesentren kilat, keputrian, tahsin, rihlah, tortila. Kedua, nilai-nilai yang dikembangkan Rohis dalam pembentukan karakter Islami yakni ukhuwah Islamiyah, tawadhu, tanggung jawab, kepemimpinan, religiusitas, toleransi, saling menghargai. Ketiga, faktor pendukung yakni yang berasal dari pembina Rohis dan alumni Rohis yang selalu mendukung dan mendorong demi berjalannya segala kegiatan yang diadakan oleh Rohis dan faktor penghambat diantaranya kegiatan yang monoton, miskom antar pengurus dan perizinan dari kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembentukan Karakter, Karakter Islami, Kegiatan Rohis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 May 2025 08:25 |
Last Modified: | 03 May 2025 08:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |