Analisis Lean Healthcare untuk Meminimasi Waste pada Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poliklinik THT Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu

Raharja, Dimas Septian Imam (2023) Analisis Lean Healthcare untuk Meminimasi Waste pada Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poliklinik THT Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800019049_JUDUL__230130020858.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800019049_BAB_I__230130020858.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800019049_BAB_II__230130020858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800019049_BAB_III__230130020858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800019049_BAB_IV__230130020858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800019049_BAB_V__230130020858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800019049_DAFTAR_PUSTAKA__230130020858.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800019049_LAMPIRAN__230130020858.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu yang dirasakan oleh pasien adalah lamanya waktu tunggu pemeriksaan, seringnya dokter terlambat dan pendaftaran online untuk pasien rawat jalan yang belum berjalan dengan baik. Ditemukannya aktivitas yang tergolong pemborosan membuat value layanan yang dirasakan pasien berkurang dan lamanya waktu pelayanan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemborosan dan memberikan saran perbaikan untuk meminimasi waste yang terdapat pada pelayanan poliklinik THT Rumah sakit PKU Muhammadiyah Delanggu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Value Stream Mapping yang digunakan untuk pemetaan alur proses pelayanan poliklinik THT Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu Selain itu fishbone diagram digunakan untuk mengetahui penyebab terjadinya waste dan memberikan saran perbaikan berdasarkan hasil Failure mode and effect analysis (FMEA).
Hasil dari penelitian ini terdapat 7 waste pada alur pelayanan rawat jalan poliklinik THT, yaitu waste over service, waste waiting, waste Transportation, waste motion, waste inventory, waste defect dan waste over processing. Penyebab terjadinya waste adalah display yang masih kurang jelas, sistem pada antrian pendaftaran yang masih berbelit, petugas yang harus mondar-mandir untuk mengambil dokumen,ketidaksesuaian dalam pemberian informasi kepada pasien dan banyak dokumen yang masih harus diisi petugas secara manual maupun dengan komputerisasi. Saran perbaikan yang diberikan yaitu membuat display diagram alir yang berisi alur pelayanan pasien yang memuat seluruh informasi yang dibutuhkan pasien, memperbaiki sistem informasi pada pendaftaran online dengan baik, dan menyesuaikan jadwal dokter yang ada di website maupun yang tertera di poliklinik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Failure Mode and Effect Analysis, Fishbone Diagram, Lean Healthcare, Poliklinik THT, Value Stream Mapping
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 May 2025 08:31
Last Modified: 03 May 2025 08:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83349

Actions (login required)

View Item View Item