Afgar, Farid (2023) Analisis dan Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Bil-Hikmahh Muhammadiyah Menggunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800018391_JUDUL__230624094831.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800018391_BAB_I__230624094832.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800018391_BAB_II__230624094832.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800018391_BAB_III__230624094832.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800018391_BAB_IV__230624094832.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800018391_BAB_V__230624094832.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018391_DAFTAR_PUSTAKA__230624094832.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800018391_LAMPIRAN__230624094832.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800018391_NASKAH_PUBLIKASI__230624094832.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam era teknologi yang terus berkembang, Muhammadiyah sebagai organisasi Islam besar menghadapi tantangan dalam menyebarkan dakwah secara efektif karena belum adanya aplikasi dakwah digital. Bil-Hikmah hadir sebagai solusi berupa aplikasi dakwah digital berbasis mobile dengan fasilitas dan fitur menarik, memberikan akses mudah dan nyaman bagi masyarakat umum untuk mendapatkan materi dakwah melalui perangkat mobile. Kehadiran Bil-Hikmah memungkinkan dakwah mencapai lebih banyak orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran, sehingga meningkatkan keberlanjutan dan dampak dari upaya dakwah Muhammadiyah.
Perancangan desain aplikasi Bil-Hikmah tidak terlepas dari 2 komponen penting yang memiliki kaitan satu sama lain, yaitu User Interface untuk memperindah tampilan aplikasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan penggunanya dan User Experience (UX) yakni pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi. UI/UX pada aplikasi mobile Bil-Hikmah dirancang menggunakan metode design thinking melalui beberapa fase: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian UEQ dan usability digunakan sebagai metode untuk mengukur dan mengetahui tingkat efisiensi, kemudahan mempelajari, serta tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi.
Hasil akhir atau luaran pada penelitian ini adalah berupa rancangan prototipe aplikasi yang ditujukkan untuk masyarakat umum dengan beberapa fitur yang ramah untuk kaum tunarungu . Pengujian berbasis skenario menunjukkan bahwa pengguna berhasil menyelesaikan tugas dengan waktu rata-rata yang singkat. Hasil pengujian menggunakan UEQ menunjukkan bahwa prototipe aplikasi memiliki skala kejelasan, efisiensi, dan stimulasi yang "excellent", serta skala ketepatan dan daya tarik yang "good" sementara skala kebaruan menunjukkan hasil “above average”. Selain itu, pengujian menggunakan SUS menghasilkan skor 84 yang termasuk ke dalam skala kategori baik atau ‘B’. Dengan demikian, prototipe aplikasi mobile Bil-Hikmah telah dapat diterima (acceptable).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Design Thinking, Usability Testing, Prototype, UI/UX |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:49 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |