Mahmudah, Siti (2024) Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren di MBS Prambanan Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000031099_JUDUL__240717121508.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000031099_BAB_I__240717121508.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000031099_BAB_II__240717121508.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000031099_BAB_III__240717121508.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000031099_BAB_IV__240717121508.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000031099_BAB_V__240717121508.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031099_DAFTAR_PUSTAKA__240717121508.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000031099_LAMPIRAN__240717121508.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya suatu masalah yang terjadi pada
Masyarakat terutama pada Masyarakat yang tinggal di daerah Prambanan Sleman
Yogyakarta. Masalah yang terjadi diantaranya yaitu banyak kader Muhammadiyah
terutama di daerah Prambanan Sleman yang tidak menyekolahkan anaknya di
sekolah Muhammadiyah sehingga minimnya kekurangan kader Muhammadiyah
serta sebagai jawaban kegelisahan SD-SD terbaik yang diinginkan yaitu SMP
Muhammadiyah yang berkualitas dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui komponen penerapan dan perkembangan pesantren, ingin mengetahui
prinsip-prinsip manajemen di MBS Prambanan Sleman, dan ingin mengetahui
faktor pendukung dan hambatan dalam manajemen sekolah berbasis pesantren di
MBS Prambanan Sleman.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif
karena pengumpulan data dapat dipahami melalui studi kasus dengan jenis
penelitian yaitu penelitian diskriptif di lokasi PPM MBS Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data yaitu pertama, observasi dengan melakukan pengamatan pada
suatu objek yang berhubungan dengan manajemen sekolah berbasis pesantren.
Kedua, wawancara dengan 7 narasumber yang berhubungan dengan pengelolaan
manajemen pada pesantren maupun sekolah. Ketiga, dokumentasi dengan
melakukan rekaman dan foto saat melakukan wawancara maupun observasi.
Keempat, sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan teori Sugiono,
Miles dan Humberman yaitu tahap-tahap penyajian data. Teknik analisis data yaitu
dengan redaksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Adapun cek
keabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, komponen penerapan
dan perkembangannya yaitu Kepemimpinan, kemandirian, partisipasi, keterbukaan,
dan akuntabilitas penting untuk memajukan kinerja sekolah dan pesantren yang
akan membantu dalam peningkatan jumlah dan kualitas santri di PPM MBS
Yogyakarta hingga berkembang sangat baik; Kedua, manajemen pendidikan
berbasis pesantren di MBS Prambanan terencana dengan baik melalui prinsip
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan untuk
meningkatkan kualitas sekolah. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kelebihan
dan kekurangan manajemen. Ketiga, faktor pendukungnya Pimpinan Cabang
Muhammadiyah memberikan wewenang luas kepada PPM MBS Yogyakarta dalam
pembuatan rencana yang lebih baik dan maksimal. Kendala utamanya adalah SDM
yang kurang memadahi serta belum sinkron dengan perkembangan santri yang
pesat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Manajemen Pesantren, Pendidikan Berbasis Pesantren, PPM MBS Yogyakarta |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 May 2025 06:34 |
Last Modified: | 05 May 2025 06:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |