Implementasi Elemen Gotong Royong melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik SD Muhammadiyah Semoya Berbah Sleman

Dinana, Aqimi Noor (2024) Implementasi Elemen Gotong Royong melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik SD Muhammadiyah Semoya Berbah Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005065_JUDUL__240717022443.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005065_BAB_I__240717022443.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005065_BAB_II__240717022443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005065_BAB_III__240717022444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005065_BAB_IV__240717022444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005065_BAB_V__240717022444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005065_DAFTAR_PUSTAKA__240717022444.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005065_LAMPIRAN__240717022444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005065_NASKAH_PUBLIKASI__240717022444.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi elemen gotong royong serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi elemen gotong royong melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik SD Muhammadiyah Semoya Berbah Sleman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Semoya Berbah Sleman yang beralamat di Semoya, Tegal Tirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DIY. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan V berjumlah 4 orang serta peserta didik kelas IV dan V berjumlah 8 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah SD kelas IV dan V yang berjumlah 8 peserta didik. Objek penelitian ini adalah implementasi elemen gotong royong melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan trigulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi elemen gotong royong melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ditunjukkan dari sikap peserta didik yang saling tolong menolong, aktif dalam bekerja sama membersihkan lingkungan sekolah, berpartisipasi dan aktif menyelesaikan tugas kelompok, mengajak sesama teman untuk saling tolong menolong mencapai tujuan bersama tanpa megharap imbalan. Faktor pendukung implementasi elemen gotong royong adalah guru memberikan motivasi kepada peserta didik terkait elemen gotong royong dan kegiatan kerja bakti. Adapun faktor penghambatnya adalah masih ada peserta didik yang belum menerapkan elemen gotong royong dengan baik, contohnya belum membantu satu sama lain saat kerja kelompok serta orang tua peserta didik kurang paham terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan disekolah. Kontribusi dalam penelitian ini adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi sebagai dasar pertimbangan, pendukung, dan sumbangan pemikiran kepada pembaca maupun peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi Elemen, Gotong Royong, Proyek, Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 May 2025 06:34
Last Modified: 05 May 2025 06:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83411

Actions (login required)

View Item View Item