Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Al Qur’an bagi Siswa di MI Ma’arif Suren Gede Kertek Wonosobo

Fadhilah, Viki (2023) Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Al Qur’an bagi Siswa di MI Ma’arif Suren Gede Kertek Wonosobo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1911331033_JUDUL__230221101438.pdf

Download (857kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1911331033_BAB_I__230221110313.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1911331033_BAB_II__230221110313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1911331033_BAB_III__230221110313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1911331033_BAB_IV__230221110313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1911331033_BAB_V__230221110313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1911331033_DAFTAR_PUSTAKA__230221112824.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1911331033_LAMPIRAN__230221112824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Al Qur’an merupakan pendidikan dasar agama yang wajib diberikan di sekolah. Metode pembelajaran Al Qur’an sangat beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode qira’ati dalam pembelajaran Al Qur’an di MI Ma’arif Suren Gede Kertek. Penelitian ini dilakukan karena siswa yang sudah lulus Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah belum atau tidak bisa membaca Al Qur’an dengan tartil, dikarenakan adanya penerapan metode yang kurang tepat, sehingga memberikan hasil yang tidak maksimal.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data yang dianalisis adalah dari observasi terhadap lingkungan sekolah, wawancara terhadap kepala sekolah, guru qira’ati dan peserta didik serta dokumentasi sebagai data pendukung. Prosedur analisis menggunakan tahapan reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran metode qira’ati di MI Ma’arif Suren Gede Kertek menerapkan klasikal peraga besar dan peraga kecil. Faktor pengahambat sebelum menggunakan metode qira’ati yaitu minimnya dukungan dari orang tua siswa, guru belum menerapkan pembelajaran yang sesuai aturan. Faktor penghambat setelah adanya metode qira’ati yaitu guru kurang menjalankan dawuh-dawuh dari K.H Dahlan Salim Zarkasy. Faktor pendukung sebelum menggunakan metode qira’ati yaitu metode tilawati menggunakan variasi lagu-lagu, adanya ujian kenaikan jilid atau tes kenaikan jilid. Faktor pendukung setelah menggunakan metode qira’ati yaitu adanya MMQ guru dan MMQ santri, adanya test kenaikan jilid dan evaluasi, adanya pengelompokan siswa berdasarkan jilid, adanya dawuh-dawuh, adanya prinsip guru yaitu tiwasgas artinya teliti, waspada, tegas dan daktun artinya tidak menuntun, adanya prinsip santri yaitu CBSA (Cara Belajar Santri Aktif) dan LCTB (Lancar, Cepat, Tepat dan Benar).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, Metode Qira’ati, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 May 2025 01:44
Last Modified: 09 May 2025 01:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83425

Actions (login required)

View Item View Item