Konsep Dimensional dan Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka

Safitri, Amalia Nur Ajeng (2023) Konsep Dimensional dan Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031178_JUDUL__230221120928.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031178_BAB_I__230221120928.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031178_BAB_II__230221120928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031178_BAB_III__230221120928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031178_BAB_IV__230221120928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031178_BAB_V__230221120928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031178_DAFTAR_PUSTAKA__230221120928.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031178_LAMPIRAN__230221120928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah posisi Pendidikan Agama Islam
yang masih kurang dikaji dalam mengadaptasikan kurikulum merdeka.
Ketika kurikulum merdeka diterapkan harus memperhatikan tiap poin yang
wajib ada padanya, seperti adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan konsep
Internalisasi dari kurikulum merdeka ke dalam PAI dengan memperhatikan
kesesuaian di dalamnya, meliputi pengkajian dimensional dan ruang lingkup
Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif kepustakaan.
Menggunakan pendekatan penelitian grounded theory sebagai alat
mengembangkan konsep integrasi dari Pendidikan Agama Islam dan
kurikulum merdeka. Menghimpun data dalam penelitian ini menggunakan
teknik dokumentasi dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang
digunakan masih satu rumpun dengan pendekatannya yakni grounded
theory.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara dimensional dan ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka cenderung
adaptif dan berfokus pada materi esensial, berlandaskan kaidah ajaran Islam,
serta penekanan pada pendidikan akhlakul karimah seperti yang terdapat
dalam projek penguatan profil pelajar pancasila.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Dimensional dan Ruang Lingkup, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 May 2025 01:45
Last Modified: 09 May 2025 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83426

Actions (login required)

View Item View Item