Implementasi Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul

Andriani, Monik (2023) Implementasi Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031123_JUDUL__230221012310.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031123_BAB_I__230221012310.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031123_BAB_II__230221012310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031123_BAB_III__230221012310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031123_BAB_IV__230221012310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031123_BAB_V__230221012310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031123_DAFTAR_PUSTAKA__230221012310.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031123_LAMPIRAN__230221012310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL
ABSTRAK
Monik Andriani (1900031123), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan
Metode diskusi adalah interaksi antara siswa dan siswa atau guru dengan siswa, dimana siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama, dimana guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan, atau menyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan dan keberhasilan dalam pengimplementasian metode diskusi dalam proses belajar mengajar serta mengetahui beberapa faktor pendukung dan penghambat yang terdapat dalam pelaksanaan metode diskusi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendektan penelitian kualitatif deskriptif, responden dari penelitian ini adalah berasal dari 3 guru dan 10 siswa SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul tahun 2019-2022. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu; Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun cek keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul yaitu : Pertama, hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian metode diskusi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Banguntapan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur belajar mengajar, metode ini berlangsung dengan baik karena adanya faktor pendukung yaitu para pendidik yang melaksanakan tugas nya dengan baik, dan adanya fasilitas yang lengkap di sekolah, tetapi masih terdapat beberapa siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menggunakan metode diskusi, karena karakter siswa yang berbeda-beda dan tingkat keingintahuan yang berbeda. Kedua, dari hasil wawancara, metode diskusi dianggap relevan dengan kemampuan yang dimiliki siswa, dengan menggunakan metode diskusi di dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kefektifan siswa dalam belajar, dapat membangun daya berfikir kritis, memecahkan masalah-masalah, dan menemukan ide dan gagasan baru. Ketiga, Adapun faktor penghambatnya yaitu seperti; daya tangkap setiap siswa berbeda-beda, tingkat keingintahuan siswa yang berbeda pula, Adapun faktor pendukung yaitu: sarana dan prasarana yang memadai, guru yang sangat kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran, media yang menarik saat pembelajaran dan lingkungan sekitar yang mendukung.
THE IMPLEMENTATION OF DISCUSSION METHOD IN
ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION (PAI) LEARNING
AT SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN, BANTUL
ABSTRACT
Monik Andriani (1900031123), Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, Ahmad Dahlan University
The discussion method is the interaction between students and students or teachers with students, where students are faced with a problem that can be a statement or a question that is problematic to be discussed and solved together, where the teacher gives the opportunity to students (groups of students) to hold scientific discussions to collect opinions, make conclusions, or compile various alternative solutions to a problem. The purpose of this study is to determine the effectiveness and success in implementing the discussion method in the teaching and learning process and find out several supporting and inhibiting factors contained in the implementation of the discussion method.
The type of research used is qualitative with a shortdescriptivequalitative research, the respondents of this study are from 3 teachers and 10 students of SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul in 2019-2022. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use the theory of Miles and Huberman, namely; Data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. The data validity check is carried out using data source triangulation.
The results of the research conducted at SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul are: First, from the results of the interview, the learning process of Islamic Religious Education (PAI) at SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul went well and in accordance with teaching and learning procedures, but there were still some students who were less enthusiastic in participating in learning using the discussion method, because of the different character of the students and different levels of curiosity. Second, from the results of the interview, the implementation of the discussion method in learning Islamic Religious Education (PAI), the discussion method is considered relevant to the abilities of students, using the discussion method in the learning process can increase student effectiveness in learning, can build critical thinking power, solve problems, and find new ideas and ideas. Third, the inhibiting factors are such as; the capturing power of each student is different, the level of curiosity of students is different as for the supporting factors, namely: adequate facilities and infrastructure, teachers who are very creative in applying learning methods, interesting media during learning and a supportive surrounding environment.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, Metode Diskusi, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 May 2025 01:46
Last Modified: 09 May 2025 01:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83427

Actions (login required)

View Item View Item