Majid, Riris Fatimah Azzahra (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas X SMAN 1 Ngaglik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900001218_JUDUL__231202052325.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900001218_BAB_I__231202052325.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900001218_BAB_II__231202052325.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900001218_BAB_III__231202052325.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900001218_BAB_IV__231202052325.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900001218_BAB_V__231202052325.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001218_DAFTAR_PUSTAKA__231202052325.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900001218_LAMPIRAN__231202052325.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Masa remaja merupakan masa yang sulit dalam kehidupan individu. Masa remaja merupakan masa yang terlibat resiko perilaku pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan tugas perkembangan lainnya. Perilaku Asertif yang penting dimiliki siswa yaitu dengan berani menyatakan dengan tegas pendapat dan isi pikiran serta emosi. Tingkah laku yang menampilkan keberanian secara jujur dan tegas saat menyatakan keinginan, perasaan dan segala pikiran apa adanya, tanpa menyinggung individu lain dan tetap mempertahankan hak sendiri. Dengan demikian, sikap atau perilaku yang asertif antara individu dapat terjalin dengan baik dan efektif. Tetapi faktanya banyak siswa yang masih belum berani dalam menyatakan sesuatu dengan tegas didalam kehidupan sehari hari siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ngaglik.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimen design yaitu one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ngaglik. Untuk penentuan subjek penelitian berdasar pada siswa yang memiliki perilaku asertif rendah sebanyak 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis perilaku asertif. Teknik analisis data menggunakan rumus uji Wilcoxon Sign Ranks Test.
Berdasarkan hasil dari analisis penelitian, diperoleh hasil bahwa peningkatan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik psikodrama. Hasil yang diperoleh dari uji Wilcoxon Sign Ranks Test diketahui bahwa nilai Sign. Sebesar 0,012 < 0,05. maka dari hasil uji hipotesis pengolahan data menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik psikodrama berpengaruh dalam meningkatkan perilaku asertif 8 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ngaglik. Hasil yang diperoleh ialah berkembangnya perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan hasil rata rata pretest 63,75 dan posttest 105,25, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan perilaku asertif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perilaku asertif, teknik sosiodrama, layanan bimbingan kelompok. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 07 May 2025 09:42 |
Last Modified: | 07 May 2025 09:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |