Manajemen Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang

Karimah, Isyatul (2024) Manajemen Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2208046059_JUDUL__241103061248.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2208046059_BAB_I__241103061248.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2208046059_BAB_II__241103061248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2208046059_BAB_III__241103061248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2208046059_BAB_IV__241103061248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2208046059_BAB_V__241103061248.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2208046059_DAFTAR_PUSTAKA__241103061248.pdf

Download (697kB)

Abstract

Karimah Isyatul. 2024. Manajemen Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang. Tesis. Yogyakarta: Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.
Penyelenggaraan manajemen layanan inklusi di beberapa sekolah inklusif belum mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Keberhasilan Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang dalam mengakomodasi program inklusi menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, dimana peserta didik berkebutuhan khusus mendapatkan dukungan holistik yang memungkinkan mereka untuk berkembang secara akademik, sosial, dan emosional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan dan peningkatan kualitas layanan pendidikan inklusi di sekolah-sekolah lain. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi manajemen layanan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Ada 8 partisipan yang dijadikan sebagai sumber data dengan kriteria yaitu orang yang terlibat dalam penerapan manajemen layanan inklusi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang yang meliputi manajer, kepala sekolah, wali kelas, penanggung jawab ABK, shadow teacher, orang tua dan peserta didik berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan inklusi di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang meliputi: 1) Melibatkan kerjasama antara berbagai pihak, seperti guru, psikolog, dan orang tua, guna memastikan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus terpenuhi dengan optimal. 2) Pengorganisasian sumber daya dan koordinasi antar pendidik juga menjadi faktor penting dalam mendukung pembelajaran inklusi. 3) Sekolah telah mengimplementasikan layanan inklusi dengan berbagai pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual peserta didik berkebutuhan khusus. 4) Terdapat beberapa tantangan seperti kurangnya pelatihan terstruktur bagi guru dan shadow teacher, serta keterbatasan infrastruktur yang ramah disabilitas. 5) Pengawasan dan evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas dan keberlanjutan program ini. Penelitian ini memberikan wawasan tentang praktik manajemen inklusi di sekolah dasar dan menawarkan kerangka kerja yang bisa diterapkan oleh sekolah lain untuk meningkatkan layanan inklusi bagi ABK.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Manajemen, layanan inklusi, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi, sekolah dasar Muhammadiyah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 09 May 2025 01:58
Last Modified: 09 May 2025 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83446

Actions (login required)

View Item View Item