Putra, Armando Bima (2025) Implementasi Supervisi Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text
T2_2107052001_BAB_I__250222110755.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
T2_2107052001_JUDUL__250222110755.pdf Download (905kB) |
![]() |
Text
T2_2107052001_BAB_II__250222110821.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2107052001_BAB_III__250222110821.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2107052001_BAB_IV__250221090413.pdf Restricted to Registered users only Download (4B) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2107052001_BAB_V__250222110854.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2107052001_DAFTAR_PUSTAKA__250222110821.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
T2_2107052001_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250222120504.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2107052001_LAMPIRAN__250222110854.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai supervisi pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap guru ismuba di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Mengingat peran guru yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sudah seharusnya kompetensi guru ditingkatkan melalui program pembinaan yang terstruktur dan berkala. Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme kinerja guru dalam bidang akademik adalah melalui kegiatan pengawasan akademik di sekolah, yang dilakukan oleh kepala sekolah beserta jajarannya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Terkait penentuan narasumber, peneliti menggunakan metode pusposive sampling. Penentuan narasumber tidak dilakukan secara acak tetapi pemilihan oleh peneliti secara langsung. Narasumber yang dipilih adalah narasumber yang bisa memenuhi kebutuhan penulisan penelitian ini seperti, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan juga guru ismuba. Penelitian ini didukung juga dengan buku buku, artikel, jurnal penelitian sebagai landasan teori yang selaras dengan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta sudah melakukan kegiatan supervisi pembelajaran diferensiasi dengan baik terutama bagi guru Ismuba, tetapi belum semua guru ismuba dapat melakukan pembelajaran diferensiasi dengan tepat dan bahkan ada yang belum menerapkan sama sekali. Kegiatan supervisi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: pra supervisi, kegiatan supervisi, dan pasca supervisi. Tentu kepala sekolah tidak hanya berhenti ketika pasca supervisi berlangsung. Sekolah juga merencanakan upaya tindak lanjut dari supervisi tersebut.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Supervisi, Pembelajaran Diferensiasi, Profesionalitas Guru, Ismuba |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PJ Semitic |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 09 May 2025 02:24 |
Last Modified: | 09 May 2025 02:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |