Peran Manajemen Kelas Tahsin Bersanad pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Madya Ambulu

Sidah, Siti Nur (2025) Peran Manajemen Kelas Tahsin Bersanad pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Madya Ambulu. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T2_2107052024_BAB_I__250224024156.pdf] Text
T2_2107052024_BAB_I__250224024156.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of T2_2107052024_JUDUL__250224044301.pdf] Text
T2_2107052024_JUDUL__250224044301.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of T2_2107052024_BAB_II__250224024156.pdf] Text
T2_2107052024_BAB_II__250224024156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2107052024_BAB_III__250224024156.pdf] Text
T2_2107052024_BAB_III__250224024156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2107052024_BAB_IV__250224024156.pdf] Text
T2_2107052024_BAB_IV__250224024156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2107052024_BAB_V__250224024157.pdf] Text
T2_2107052024_BAB_V__250224024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2107052024_DAFTAR_PUSTAKA__250224024156.pdf] Text
T2_2107052024_DAFTAR_PUSTAKA__250224024156.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of T2_2107052024_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250224024156.pdf] Text
T2_2107052024_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250224024156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2107052024_LAMPIRAN__250224024157.pdf] Text
T2_2107052024_LAMPIRAN__250224024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of T2_2107052024_ABSTRAK__250224024157.pdf] Text
T2_2107052024_ABSTRAK__250224024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Data Kementerian Agama yang diperkuat oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyebutkan bahwa 65% umat Islam di Indonesia masih belum bisa membaca Alquran, dan adanya temuan menarik yang diperoleh PPPA Daarul Qur'an Provinsi DI Yogyakarta bersama BAZNAS RI dalam melakukan assessment tentang Sertifikasi Kompetensi Guru Alquran, dengan sampel 67 guru di Jateng, Jatim, dan Yogyakarta, yang tersebar dari program pendidikan Alquran di TPA, Pesantren, dan Rumah Tahfidz, didapatkan keterangan bahwa tingkat kelulusan mencapai 38,8%. Dari 25 unit kompetensi yang di-assessment, ada 14 unit kompetensi yang menjadi faktor ketidaklulusan, sehingga kesimpulannya, dikatakan bahwa Indonesia kekurangan guru mengaji bersertifikasi dan bersanad. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SD Madya Ambulu, yang secara khusus merupakan lembaga yang menjadi pelopor pengadaan pembelajaran BTA dan kelas tahfizh di Sekolah Dasar Tingkat se-kecamatan Ambulu. Berdasarkan hasil evaluasi oleh para guru pembimbing pasca corona, menunjukkan jika kualitas perkembangan bacaan siswa menunjukkan penurunan yang di sinyalir oleh adanya faktor penghambat dalam manajemen kelas yang ada sebelumnya, sehingga selanjutnya perlu di ubah. Maka itu penelitian ini bertujuan untuk menganilisis peran manajemen kelas tahsin bersanad dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Baca Tulis Alquran SD Madya Ambulu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah temuan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya memperbaiki bacaan Alquran siswa di SD Madya Ambulu melalui manajemen kelas tahsin bersanad. Guru berperan dalam alur pengelolaan kelas beserta pembelajarannya, dalam hal persiapan yang meliputi perencanaan, media, dan metodenya, juga pelaksanaan, pengawasan, serta penutup yang meliputi evaluasi dan refleksinya. Di dukung dengan artikel jurnal penelitian, juga buku-buku yang selaras dengan penelitian melahirkan kajian-kajian teori. Dengan standar muatan pembelajaran tahsin bersanad riwayat Imam Hafsh dari qiraat Imam Ashim Al-Kufi dari thariqah Imam Asy-Syathibiyah dalam manajamen kelasnya menjadikan penelitian ini penelitian yang baru, sebagai referensi, motivasi, dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas bacaan Alquran yang bersambung ke Rasuulullaah.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Manajemen Kelas, Tahsin Alquran, Sanad, Pembelajaran BTA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 May 2025 02:29
Last Modified: 15 May 2025 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83479

Actions (login required)

View Item View Item