Arafah, Chairani Lailatul (2025) Pengaruh Self Efficacy dan Teaching Experience terhadap Kesiapan Mengajar bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100031061_JUDUL__250224023704.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100031061_BAB_I__250224030310.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100031061_BAB_II__250224023705.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100031061_BAB_III__250224023705.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100031061_BAB_IV__250224023705.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100031061_BAB_V__250224023705.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100031061_DAFTAR_PUSTAKA__250224023705.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2100031061_LAMPIRAN__250224023705.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100031061_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250224023705.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan mengajar merupakan kondisi di mana seseorang merasa siap
secara fisik maupul mental. Pasalnya beberapa mahasiswa masih belum memiliki
kesiapan untuk menjadi seorang guru dengan berbagai faktor yang dimiliki. Maka,
efikasi diri (self efficacy) dan pengalaman mengajar (teaching experience) dapat
memberikan pengaruh terhadap kesiapan mengajar yang seharusnya dimiliki oleh
mahasiswa pendidikan. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh dari
self efficacy dan teaching experience terhadap kesiapan mengajar bagi mahasiswa
Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2021 dan 2022.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh antara self efficacy terhadap kesiapan mengajar, pengaruh teaching
experience terhadap kesiapan mengajar, serta pengaruh self efficacy dan teaching
experience terhadap kesiapan mengajar bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2021 dan 2022.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program
Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Angkatan 2021 dan
2022 dengan jumlah sampel 167 dari total mahasiswa sebanyak 333. Penarikan
sampel berdasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik simple
random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self efficacy (X1) dan
teaching expeience (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah
kesiapan mengajar (Y). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa
angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear
sederhana dan uji linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan
antara self efficacy (X1) terhadap kesiapan mengajar (Y) sebesar 58,3% pada angka
kepercayaan 95%. Pengaruh teaching experience (X2) terhadap kesiapan mengajar
(Y) sebesar 60,2% pada angka kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil analisis secara
simultan dapat diperolah pengaruh yang positif dan signifikan antara self efficacy
(X1) dan teaching experience (X2) terhadap kesiapan mengajar (Y) sebesar 67%
pada angka kepercayaan 95%
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Self Efficacy, Teaching Experience, Kesiapan Mengajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2025 02:29 |
Last Modified: | 10 May 2025 02:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |