Hidayatullah, M. Arif (2023) Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Adversity Quotient pada Santri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1500031106_JUDUL__230130101530.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1500031106_BAB_I__230130101530.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1500031106_BAB_II__230130101530.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1500031106_BAB_III__230130101530.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1500031106_BAB_IV__230130101530.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1500031106_BAB_V__230130101530.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1500031106_DAFTAR_PUSTAKA__230130101530.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1500031106_LAMPIRAN__230130101530.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini, Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang memiliki progam unggulan salah satu diantaranya ialah tahfidzul qur’an. Terdapat kenyataan bahwa selalu ada hambatan serta rintangan yang menyertai seorang santri dalam melalui proses hafalan Al-Qur’an. Dan membuat santri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta perlu memiliki strategi yang tepat (Self Regulated Learning) dan daya tahan yang kuat (Adversity Quotient) sehingga proses untuk mencapai hafalan Al-Qur’an dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan kondisi yang harus dilalui tersebut peneliti merasakan bahwa menjadi penting untuk melakukan penelitian tentang pengaruh Self Regulated Learning terhadap Adversity Quotientpadasantri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta.
Metode penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif. Dengan populasi penelitian ini yakni santri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta yang berjumlah 50santri. Penelitian ini merupakan penelitian populatif dengan mengambil seluruh populasi yang ada yaitu santri santri Rumah Tahfidz Al Hidayahyang berjumlah 50 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen penelititan meliputi analisis validitas dan reliabilitas dengan hasil yang dapat dinyatakan valid dan dapat diandalkan. Teknik analisis data yakni menggunakan teknik regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat Self Regulated Learningsantri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta ada pada kategorisasi sedang dengan persentase 66%, yang artinya santri memiliki kemampuan yang cukup dalam hal pengaturan diri pribadinya dan mempunyai tingkatan manajemen diri yang cukup baik juga sehingga tidak mudah menyerah ketika menghafallkan Al-Qur’an. Dan untuk tingkat adversity quotient santri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakarta ada pada kategorisasi sedang dengan persentase 56%, yang artinya santri memiliki pengendalian diri yang cukup saat berhadapan dengan kesulitan serta dapat bangkit dan juga mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Terdapat pengaruh Self Regulated Learning terhadap adversity quotient santri Rumah Tahfidz Al Hidayah Yogyakartasebesar 42,1�ngan pengaruh yang positif dan signifikan, yang berarti makin tinggi tingkatan Self Regulated Learning sehingga makin tinggi juga tingkatan adversity quotient.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Self Regulated Learning, Adversity Quotient |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:28 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |