Saing, Nur Afni (2023) Pemenuhan Hak atas Pendidikan bagi Anak-Anak Pengungsi di Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600024083_JUDUL__230313111206.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600024083_BAB_I__230313111206.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600024083_BAB_II__230313111206.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600024083_BAB_III__230313111206.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600024083_BAB_IV__230313111206.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600024083_DAFTAR_PUSTAKA__230313111206.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600024083_LAMPIRAN__230313111207.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600024083_NASKAH_PUBLIKASI__230313111207.pdf Download (840kB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang bisa dikatakan memiliki banyak konflik yang terjadi baik yang ada didalam maupun diluar. Salah satu konfliknya adalah terdapat para pengungsi anak dari negara lain khususnya di Kota Makassar yang merupakan negara transit bagi mereka. Akan tetapi mereka datang bukan hanya sekedar transit, melainkan mencari tempat tinggal baru. Dan juga berefek pada orang dewasa terlebih pada anak-anak yang menjadi korban akibat konflik yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hak atas pendidikan anak pengungsi yang ditinjau dari hukum internsional dan hukum nasional serta mengetahui bentuk perlindungan pemenuhan hak atas pendidikan anak-anak pengungsi.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif sosiologis yaitu penelitian campuran dengan menggunakan metode studi lapangan dan studi Pustaka dan memadupadankan pada bahan-bahan hukum yaitu primer, sekunder dan tersier. Kemudian data ini juga diolah dengan menggunakan analisis kualitatif.
Bardasarkan hasil penelitian bahwa pihak-pihak yang bersangkutan dengan pemenuhan pendidikan bagi anak-anak pengungsi sudah bertanggung jawab dalam hal pendidikan yang sudah merata dirasakan oleh anak pengungsi yang berada di Kota Makassar, dengan memberikan fasilitas seperti memberikan seragam sekolah, buku-buku dan alat tulis, memberikan biaya transportasi dan biaya bangunan sekolah, didaftarkan ke sekolah-sekolah negeri maupun swasta sesuai jenjang usia mereka. Namun hingga saat ini anak pengungsi masih belum menjadi prioritas utama bagi pihak UNHCR, IOM dan Dinas Pendidikan, karena yang lebih diutamakan adalah anak-anak WNI dengan melihat kuota yang tersedia jika masih ada kelebihan maka dapat diberikan pada anak pengungsi yang ingin bersekolah, agar mereka juga mendapatkan ijazah resmi sebelum kembali ke negara ketiga. Hambatan yang dihadapi dalam pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak pengungsi ialah karena adanya keterbatasan anggaran yang tidak serta merta bisa mendanai atau membiayai anak pengungsi yang ingin masuk sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Anak Pengungsi, Dinas Pendidikan, UNHCR, IOM |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:28 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |