Rohmah, Anisa Nur (2023) Peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap Pengajaran Keagamaan bagi Anak- Anak di Desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800331005_JUDUL__230811030819.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800331005_BAB_I__230811030819.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800331005_BAB_II__230811030819.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800331005_BAB_III__230811030819.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800331005_BAB_IV__230811030819.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800331005_BAB_V__230811030819.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800331005_DAFTAR_PUSTAKA__230811030819.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800331005_LAMPIRAN__230811030819.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
Abstract
Peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi'i Terhadap Pengajaran Keagamaan Bagi Anak- Anak Di Desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengajaran keagamaan bagi anak- anak baik yang diperoleh dari pendidikan formal, informal maupun non formal. Madrasah Diniyah merupakan pendidikan non formal yang mengajarkan tentang agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui peran sentral Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi'i terhadap pengajaran keagamaan bagi anak- anak di desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo; (2). Faktor pendukung dan penghambat Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap pengajaran keagamaan bagi anak- anak di desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam prosedur pemecahan masalahnya yang diteliti dengan menggambarkan subjek penelitian berdasarkan fakta- fakta yang ada. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersumber dari data primer yakni ketua Madrasah Diniyah, ustadzah, wali santri dan masyarakat dan data sekunder yakni santri, dokumen, arsip, laporan, penelitian terdahulu dan beberapa buku referensi lainya. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap pengajaran bagi anak- anak di desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo yaitu mengajarkan keagamaan bagi anak- anak, memberikan pembiasaan dan pengamalan agama Islam. Sedangkan faktor pendukungnya seperti ustadzah yang sudah terlatih dalam pembinaan keagamaan, pembelajaran keagamaan berlangsung dalam keadaan suasana kondusif dan mendukung, dukungan masyarakat yang positif. Selanjutnya faktor penghambatnya seperti terhambatnya pendanaan dalam hal kegiatan keagamaan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, pengunaan gadged semakin bebas dan terbatasnya waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran, Madrasah Diniyah, Keagamaan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:29 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |