Peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap Pengajaran Keagamaan bagi Anak- Anak di Desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo

Rohmah, Anisa Nur (2023) Peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap Pengajaran Keagamaan bagi Anak- Anak di Desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800331005_JUDUL__230811030819.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800331005_BAB_I__230811030819.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800331005_BAB_II__230811030819.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800331005_BAB_III__230811030819.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800331005_BAB_IV__230811030819.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800331005_BAB_V__230811030819.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800331005_DAFTAR_PUSTAKA__230811030819.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800331005_LAMPIRAN__230811030819.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi'i Terhadap Pengajaran Keagamaan Bagi Anak- Anak Di Desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengajaran keagamaan bagi anak- anak baik yang diperoleh dari pendidikan formal, informal maupun non formal. Madrasah Diniyah merupakan pendidikan non formal yang mengajarkan tentang agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui peran sentral Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi'i terhadap pengajaran keagamaan bagi anak- anak di desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo; (2). Faktor pendukung dan penghambat Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap pengajaran keagamaan bagi anak- anak di desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam prosedur pemecahan masalahnya yang diteliti dengan menggambarkan subjek penelitian berdasarkan fakta- fakta yang ada. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersumber dari data primer yakni ketua Madrasah Diniyah, ustadzah, wali santri dan masyarakat dan data sekunder yakni santri, dokumen, arsip, laporan, penelitian terdahulu dan beberapa buku referensi lainya. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Madrasah Diniyah Imam Asy Syafi’i terhadap pengajaran bagi anak- anak di desa Tunjungan Pengasih Kulon Progo yaitu mengajarkan keagamaan bagi anak- anak, memberikan pembiasaan dan pengamalan agama Islam. Sedangkan faktor pendukungnya seperti ustadzah yang sudah terlatih dalam pembinaan keagamaan, pembelajaran keagamaan berlangsung dalam keadaan suasana kondusif dan mendukung, dukungan masyarakat yang positif. Selanjutnya faktor penghambatnya seperti terhambatnya pendanaan dalam hal kegiatan keagamaan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, pengunaan gadged semakin bebas dan terbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Peran, Madrasah Diniyah, Keagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:29
Last Modified: 14 May 2025 07:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83505

Actions (login required)

View Item View Item