Anggara, Yoga (2023) Pengaruh Media Articulate Storyline pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Mertosanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005353_JUDUL__231204103606.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005353_BAB_I__231204103607.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005353_BAB_II__231204103607.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005353_BAB_III__231204103607.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005353_BAB_IV__231204103607.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005353_BAB_V__231204103607.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005353_DAFTAR_PUSTAKA__231204103607.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005353_LAMPIRAN__231204103607.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar peserta didik
kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Mertosanan. Peserta didik kelas III masih
banyak yang mempunyai hasil belajar dibawah KKM yaitu dibawah 70. Selain
itu, peserta didik kurang antusias dan kurang bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran yang sedang berlansung sehingga hasil pembelajaran yang tidak
memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media
articulate storyline pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar peserta
didik kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Mertosanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang termasuk dalam jenis
penelitian kuantitatif eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan tipe soal PretestPostest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas III SD Muhammadiyah Mertosanan. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu kelas III A sebagai kelas control dengan jumlah peserta didik
sebanyak 21 dan kelas III B sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah peserta
didik sebanyak 20. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu variabel bebas
dan variabel terikat. Tehnik Pengumpulan data menggunakan soal Pretest dan
postest, Observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah menggunakan soal pretest-postest. Penelitian ini menggunakan
analisis data uji normalitas, uji Homogenitas dan uji-t dengan bantuan SPSS.
Hasil Penelitian dapat dilihat dari nilai Postest kelompok control dengan
rata-rata 67.38, sedangkan postest kelompok eksperimen mempunyai rata-rata
72.75. Hasil lainnya dapat dilihat dari perhitungan Hipotesis menggunakan uji-t
didapatkan sig. (2-tailed) 0.000 yang dimana sig.(2-tailed) < 0.05 yang berarti Hα
diterima dan Hο ditolak, Sehingga terdapat pengaruh media articulate storyline
terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III SD
Muhammadiyah Mertosanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media articulate storyline, matematika, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2025 02:29 |
Last Modified: | 10 May 2025 02:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |