Karlina, Ninik (2023) Analisis Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005275_JUDUL__230301035129.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005275_BAB_I__230301032500.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005275_BAB_II__230301031552.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005275_BAB_III__230301031552.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005275_BAB_IV__230301031552.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005275_BAB_V__230301031552.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005275_DAFTAR_PUSTAKA__230301031552.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005275_LAMPIRAN__230301031552.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005275_NASKAH_PUBLIKASI__230301031824.pdf Download (596kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kesadaran siswa dalam membaca. Untuk menumbuhkan minat baca siswa, SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta menerapkan gerakan literasi sekolah sebagai cultural behavior bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menumbuhkan minat baca melalui gerakan literasi sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, pustakawan dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa. Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini bahwa analisis gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta dapat berjalan melalui tiga tahapan literasi yaitu tapah pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan yaitu membiasakan siswa membaca 15 menit dan terdapat lingkungan akan kaya literasi di sekolah. Tahap pengembangan yaitu mengajak siswa untuk membaca secara interaktif, terpandu, bersama, maandiri, memilih buku pengayaan fiksi dan non fiksi, dan mendiskusikan cerita. Pada tahap pembelajaran yaitu menyediakan pembelajaran terpandu, dan membuat jadwal literasi dengan adanya sinopsis kelas. Faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana literasi seperti perpustakaan dan pojok baca, sekolah memiliki program literasi, terdapat poster lingkungan akan kaya literasi, dan warga sekolah ikut berpartisipasi. Sedangkan faktor penghambat yaitu biaya, terbatasnya waktu dan masalah ketertarikan siswa dalam membaca buku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis, Gerakan Literasi Sekolah, Minat baca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:05 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |